Miscellaneous

Bos Apple dan Bos Facebook Bertemu Presiden Tiongkok Xi Jinping

Tim Cook

Tim Cook

CEO Apple Tim Cook dikabarkan sudah mengadakan lawatan kerja ke Beijing, Tiongkok, beberapa hari menjelang perusahaannya meluncurkan iPhone X secara resmi di beberapa pasaran dunia, termasuk Tiongkok.

Dilaporkan China Central Television (CCTV) (via Reuters), Tim Cook di Beijing bertemu dengan Presiden Tiongkok Xi Jinping awal minggu ini di acara pertemuan tahunan penasihat yang diadakan Tsinghua School of Economics and Management.

Tim Cook sendiri tercatat sebagai dewan penasihat bersama dengan Mark Zuckerberg di sekolah bisnis tersebut. Selain bos Apple dan Facebook, terdapat CEO Goldman Sachs Lloyd Blankfein dan tokoh-tokoh bisnis terkemuka dari Tiongkok yang menjadi penasihatnya.

Sayangnya, tidak ada keterangan lebih rinci terkait pertemuan Tim Cook dengan Presiden Tiongkok, termasuk jadwal lawatannya ke Negeri Tirai Bambu tersebut. Perwakilan Apple menolak memberikan informasinya lantaran untuk menjaga kerahasian mengenai topik yang dibahas. Mengingat, negara ini sangat sensitif soal keamanan.


Baca juga:


Namun dalam postingannya di Facebook, Mark Zuckerberg menulis bahwa dia tengah berada di Beijing untuk suatu pertemuan tahunan. Pertemuan itu disebutnya adalah cara terbaik untuk mengikuti perkembangan inovasi dan kewirausahaan.

Tiongkok sendiri merupakan salah satu pasar paling penting dalam daftar Apple setelah Amerika Serikat. Mereka menaruh perhatian besar di negara di mana produksi iPhone dilakukan. Negara ini juga masuk menjadi salah negara gelombang pertama yang siap menjual iPhone X Jumat, 3 November, pekan ini.

Dalam berita terkait, sejumlah toko online di Tiongkok ramai memberikan diskon besar-besaran untuk semua model iPhone 8 dan iPhone 8 Plus yang penjualannya dinilai sepi peminat. Untuk menarik banyak konsumen, iPhone 8 didiskon hingga Rp 2 juta-an.


Click to comment
To Top