How-To

Cara Melihat Status Baterai di Komputer Mac

Setiap komputer Mac portabel seperti MacBook, MacBook Pro, MacBook Air dan MacBook White dibekali baterai sebagai sumber tenaga utama. Sama dengan baterai di gadget lainnya, status baterai di komputer Mac juga bisa menurun karena usia penggunaan. Ada beberapa cara untuk mengecek status baterai di komputer Mac dan keterangan yang tampil sesuai dengan kondisi baterai tersebut. Mari kita bahas ya!

Melihat Status Baterai di Komputer Mac

1. Lewat Menu Bar

Cara pertama untuk akses status baterai di komputer Mac adalah menekan ikon Battery pada bagian Status Bar. Ada keterangan Condition yang tampil, jika baterai yang digunakan sudah tidak Normal alias mulai mengalami penurunan.

2. About This Mac

Tekan ikon Apple di pojok kiri atas Menu Bar. Masuk ke bagian About This Mac – Overview – System Report. Pada sisi kiri, masuk ke bagian Hardware – Power, lalu cari bagian Condition di layar utama.

3. System Preferences

Masuk ke aplikasi System Preferences – Energy Saver. Sama dengan cara pertama, jika baterai sudah tidak menampilkan kondisi Normal, ada keterangan Condition yang dapat kamu temukan pada bagian tersebut.


Baca Juga:


Daftar Status Baterai yang Digunakan Apple

  • Normal: Baterai berfungsi secara normal.
  • Replace Soon: Baterai berfungsi secara normal tetapi hanya menyimpan daya lebih sedikit daripada kondisi baru.
  • Replace Now: Baterai berfungsi secara normal tetapi menyimpan daya jauh lebih sedikit daripada Replace Soon dan Normal. Jika kamu mengalami masalah dengan daya yang terlalu sedikit atau baterai hanya dapat digunakan dalam waktu sangat singkat, silakan segera ganti dengan membawa produk Mac ke Apple Store atau Apple Authorized Service Provider.
  • Service Battery: Kondisi baterai sudah tidak bisa digunakan, sangat buruk atau harus segera diganti. Pengguna wajib menghubungkan komputer Mac ke Power Adapter (charger) untuk dapat digunakan. Silakan segera ganti baterai di Apple Store atau Apple Authorized Service Provider.

Catatan Tambahan

Dari pengalaman, ada banyak aplikasi pihak ketiga yang dapat membantu kamu melihat Health battery di komputer Mac. Angka yang tampil mungkin bisa berubah-ubah sesuai dengan penggunaan kamu dalam beberapa jam terakhir atau faktor lainnya. Jadi saran saya, silakan gunakan panduan status baterai dari Apple saja untuk memastikan baterai komputer Mac masih layar digunakan atau harus segera diganti.

Silakan cek status baterai komputer Mac yang kamu gunakan dan bagian di kolom komentar ya!


3 Cara Mengisi Baterai Komputer Mac dengan Lebih Cepat


Kupas Tuntas Fitur Battery Health di iOS 11.3


Click to comment
To Top