Games

Cara Memindahkan File Save Stardew Valley dari iPhone/ iPad ke Mac/ PC



Lewat review kemarin kamu pasti tahu saya sangat menyukai Stardew Valley. Faktanya, saya memang sangat menyukainya sampai memainkannya di lebih dari satu platform, PC, Mac, dan iPhone.

Karena saya sudah terlebih dahulu bermain di desktop dalam waktu yang lama, maka akan lebih menyenangkan apabila saya bisa melanjutkan progress yang ada tanpa harus mengulangi dari awal lagi. Saya ingin bermain di iOS dengan menggunakan file save yang sama, yang telah saya mainkan di dekstop.

Untungnya, Stardew Valley memiliki dukungan cross-platform, yang artinya, jika diinginkan, saya bisa saja menggunakan file save yang sama secara bergantian untuk beberapa platform sekaligus. Namun sayangnya, Stardew Valley tidak memiliki dukungan iCloud. Ini artinya, kamu harus melakukan perpindahan file save secara manual.

Sebagai catatan tambahan, versi desktop dari Stardew Valley memiliki dukungan untuk mod yang tentunya tidak akan berjalan di versi iOS. Maka sebelum melakukan perpindahan file save, sebaiknya kamu telah lebih dahulu menghapus mod yang ada di PC sebelum memulai langkah dibawah. Jika tidak, maka ada kemungkinan bahwa game tidak akan berjalan atau bahkan mengalami crash.

Temukan File Save di PC

Jika kamu sampai di tahap ini, maka asumsi saya, kamu sudah pernah memainkan Stardew Valley sebelumnya di desktop, Mac ataupun PC. Maka, silahkan ikuti langkah dibawah untuk mengikuti hal apa saja yang harus dilakukan untuk mencari file save dari Stardew Valley di desktop.

Bagi kamu yang memainkan Stardew Valley di Windows, lewat pemasangan independen ataupun lewat Steam, silahkan ikuti langkah berikut:

  1. Pada desktop di PC, tekan tombol Windows dan R bersamaan untuk memunculkan jendela ‘Run’
  2. Ketik atau copy-paste perintah %appdata%\StardewValley\Saves kemudian tekan Enter

Sedangkan bagi kamu yang memainkan Stardew Valley di Mac, lewat pemasangan independen ataupun lewat Steam, silahkan ikuti langkah berikut:

  1. Buka jendela Finder, lalu tekan tombol Shift + Command + G bersamaan untuk memunculkan ‘Go to the folder’
  2. Ketik atau copy-paste perintah ~/.config/StardewValley/Saves kemudian tekan Enter

Jika langkah yang kamu jalankan benar, maka jendela ‘Saves’ akan terbuka. Di dalamnya, kamu akan menemukan beberapa folder bernama sama dengan nama karakter yang telah kamu buat sebelumnya, ketika kamu bermain di desktop. Nama dari folder tersebut akan disertai dengan beberapa angka acak dibelakangnya, seperti ‘Alex_116439860’, dimana pada folder tersebut terdapat 2–4 file yang merangkum semua data yang kamu butuhkan untuk dipindah nantinya.

Memindahkan File Save ke iPhone/ iPad

Sekarang kamu sudah mengetahui dengan pasti tempat dimana file save tersebut berada. Maka langkah selanjutnya adalah beralih ke perangkat yang akan kamu gunakan untuk bermain, di iPhone ataupun iPad.

Sebelum saya melanjutkan ke langkah dibawah, ada dua catatan penting yang harus kamu cermati untuk menghindari adanya masalah. Pertama, pastikan bahwa game Stardew Valley telah terpasang pada perangkat iOS yang akan kamu gunakan nantinya. Dan kedua, pastikan juga bahwa pada komputer telah terpasang iTunes versi terakhir.

Jika sudah, maka silahkan ikuti langkah berikut:

  1. Buka aplikasi iTunes di komputer, lalu sambungkan perangkat iOS ke komputer. Jika sudah benar tersambung, kamu akan melihat ikon perangkat yang telah tersambung pada bagian kiri atas.
  2. Pilih perangkat tersebut, lalu pilih ‘File Sharing’ yang ada di kolom bagian kiri
  3. Pilih ‘Stardew Valley’

Jika benar maka pada bagian sebelah kanan akan muncul ‘Stardew Valley Documents’ yang berisi semua file save yang ada pada perangkat iOS. Folder tersebut berisi data yang sama dengan yang telah kamu buka sebelumnya pada komputer.

Jadi jika kamu ingin memindahkan file save dari Mac/ PC ke iOS, maka kamu tinggal memilih folder ‘Alex_116439860’ (atau apapun namanya tergantung nama karakter yang kamu gunakan sebelumnya) yang ada di komputer dan seret ke iTunes pada bagian ‘Stardew Valley Documents’ tadi. Kemudian pilih ‘Sync’ untuk menyelaraskan kedua perangkat. Proses ini cukup singkat tergantung dari besaran file save yang kamu miliki. Dalam kasus saya, proses ini bahkan selesai dalam hitungan detik saja.

Hal yang sama berlaku juga untuk memindahkan file save dari iOS ke Mac/ PC. Kamu hanya tinggal melakukan langkah sebaliknya dari langkah diatas. Pilih folder di iTunes, lalu seret ke arah folder di komputer yang telah kamu buka sebelumnya lewat langkah pertama diatas.

Baca Juga:


Bagaimana Dengan Dari iPhone ke iPad, Atau Sebaliknya?

Lagi-lagi karena game ini tidak mendukung iCloud save, maka mau tidak mau kita harus melakukan perpindahan manual. Untungnya, memindahkan file save antar kedua perangkat diatas justru lebih mudah dibandingkan dari PC ke iOS ataupun sebaliknya. Kita bahkan tidak memerlukan komputer sama sekali. Yang kita perlukan hanyalah aplikasi Files yang secara otomatis terpasang pada semua perangkat iOS yang telah menggunakan iOS 11 keatas.

Ketika kita bermain Stardew Valley di salah satu perangkat, maka sebuah folder akan otomatis muncul di aplikasi Files. Kita bisa mengakses file save yang muncul pada folder tersebut untuk kemudian dipindahkan ke iCloud Drive, membuatnya tersedia untuk diunduh ke berbagai perangkat di dalam satu akun iCloud tersebut.

Berikut langkah yang perlu kamu lakukan untuk memindahkan file save lewat aplikasi Files:

  1. Buka Files.app lalu pilih lokasi ‘On My iPhone’
  2. Pilih ‘Stardew Valley’
  3. ‘Copy’ semua karakter yang akan kamu pindahkan, lalu kembali ke menu awal
  4. Pilih lokasi ‘iCloud Drive’
  5. ‘Paste’ keseluruhan folder yang telah kamu copy sebelumnya pada iCloud Drive.

Sekarang kamu tinggal memindahkan semua folder yang telah kamu letakkan di iCloud Drive ke dalam folder Stardew Valley yang ada di perangkat lainnya.

Sebagai catatan penting agar kamu tidak kebingungan. Kamu harus terlebih dahulu memiliki file save dari game Stardew Valley pada kedua perangkat yang bersangkutan. Jika tidak, maka folder Stardew Valley tidak akan muncul pada aplikasi Files.

Langkah diatas juga bisa diterapkan untuk memindahkan file save dari Mac/ PC ke perangkat iOS menggunakan iCloud Drive dengan mengakses laman iCloud.com. Ini adalah solusi terbaik untuk mengakali absennya fitur iCloud save pada Stardew Valley.

Saya akui bahwa melakukan perpindahan file save dengan mengikuti langkah diatas memang sedikit terlihat mengerikan dan panjang. Namun saya pastikan bahwa hal tersebut tidak sesulit kelihatannya. Langkah diatas sebenarnya cukup sederhana terutama jika kamu sudah mempraktekkannya sendiri. Sampai saat artikel ini ditulis, ConcernedApe masih belum memberikan pengumuman kapan fitur iCloud save akan datang. Tapi paling tidak, lewat laman FAQ di situs mereka, pengembang berjanji bahwa untuk ke depannya, mereka akan menghadirkan fitur iCloud save untuk memudahkan perpindahan file save antar perangkat.

How about iCloud support or virtual joystick controls?
We can’t make any promises yet, but we’d like to include both in a future update.

Jika setelah mengikuti langkah diatas kamu masih juga membutuhkan lebih banyak informasi terkait perpindahan file save. Atau mungkin justru mengalami masalah lain yang tidak saya sebutkan diatas, kamu bisa langsung membaca laman wiki dari Stardew Valley tentang ‘Saves’.

Download Stardew Valley · Harga: 119000

Download Files · Harga: Gratis


Review Stardew Valley, Selamat Tinggal Dunia Nyata & Selamat Datang Di Kota Pelican

https://makemac.com/wp-content/uploads/2018/10/stardewvalley-ios.jpg
Click to comment
To Top