How-To

Cara Mengaktifkan True Tone di iOS 11


True Tone adalah teknologi baru di layar iPhone dan iPad yang menggunakan beberapa sensor. Fitur ini dapat membantu kamu mendapatkan warna putih secara lebih natural saat sedang di luar ruangan, dalam ruangan yang gelap dengan cahaya lampu lebih kuning atau beberapa kegiatan lainnya. Dalam artikel ini tim MakeMac akan membahas cara mengaktifka fitur True Tone pada perangkat iOS 11. Yuk simak langsung!

Perangkat yang Mendukung True Tone

Pastikan bahwa perangkat iOS yang kamu gunakan masuk dalam dukungan teknologi True Tone, yaitu:

  • iPhone X
  • iPhone 8
  • iPhone 8 Plus
  • iPad Pro 12.9 inci (generasi kedua)
  • iPad Pro 10.5 inci
  • iPad Pro (9.7 inci)

Cara Mengaktifkan True Tone di iOS 11

A. Lewat Settings

  1. Masuk ke Settings – Display & Brightness.
  2. Aktifkan tombol True Tone di bagian atas.

B. Lewat Control Center

  1. Aktifkan Control Center dengan cara scroll ke bawah dari sisi kanan atas layar untuk iPhone X. Sedangkan iPhone generasi sebelumnya, silakan scroll dari bagian bawah layar ke atas.
  2. Pada tombol pengaturan kecerahan, tekan dan tahan sentuhan.
  3. Tampilan akan berubah menjadi seperti gambar di bawah. Tekan tombol True Tone untuk mengaktifkan atau mematikan.

Baca Juga:


Catatan Tambahan

Fitur True Tone otomatis mati atau tidak aktif jika kamu menggunakan salah satu atau beberapa pengaturan Accessibility yang berhubungan dengan layar. Seperti Invert Color, Smart Invert Color, Grayscale, dan Increase Contrast.

Kapan Harus Menggunakan True Tone?

Apple memberikan True Tone untuk membuat pengguna iOS yang sering menatap layar dalam waktu lama menjadi lebih nyaman. Terutama untuk kamu yang sering berada di beberapa ruangan yang memiliki cahaya berbeda baik lebih gelap, terang, lampu warna kebiruan atau kuning. Semua kondisi tadi dapat dinetralkan oleh True Tone dan membuat kamu melihat warna putih di layar menjadi lebih natural.

Saya pribadi merasa nyaman saat menggunakan True Tone di iPhone X. Namun untuk mengedit foto dan beberapa keperluan grafis lainnya, saya tetap memastikan hasil akhirnya dengan mematikan True Tone terlebih dahulu. Bagaimana dengan kamu? Lebih suka menggunakan True Tone atau malah mematikan fitur tersebut? Bagikan di kolom komentar ya!


(iOS 10) Cara Kalibrasi Color Profile Layar iPhone dan iPad


Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top