How-To

Cara Mengecek iPhone Lemot Karena Baterai Bermasalah di iOS 11


Berita mengenai iPhone yang menjadi lemot karena baterai bermasalah, masih terus dibahas oleh para Apple Fanboy. Sejumlah pengguna merasa khawatir apakah perangkat iPhone miliknya memang mengalami penurunan kecepatan karena masalah tersebut atau hal lainnya. Berikut ini beberapa cara untuk memastikan bahwa iPhone milikmu masih berjalan dalam kecepatan normal atau lemot karena baterai yang sudah bermasalah:

Pakai iPhone Apa?


Tidak semua jenis iPhone mengalami masalah CPU lemot karena baterai bermasalah sejak iOS 11. Masalah ini hanya terjadi pada perangkat iPhone 6, iPhone 6s, iPhone SE dan sebagian kecil pengguna iPhone 7. Jadi jika kamu menggunakan iPhone 5s dan merasa performa menurun di iOS 11, masalah ini terjadi bukan karena baterai yang bermasalah dan membuat CPU berjalan di bawah kemampuan seharusnya.


Baca Juga:


Versi iOS yang Digunakan

Apple merilis update iOS 10.2.1 untuk iPhone 6, iPhone 6s dan iPhone SE yang sebelumnya mengalami masalah sering restart dan akhirnya normal dengan versi iOS tersebut. Namun dibalik masalah sering restart yang sudah normal, iOS ini diam-diam menyimpan fitur untuk menurunkan performa CPU perangkat iPhone. Hal yang sama juga dilakukan sejak iOS 11.2 pada perangkat iPhone 7 yang terindikasi masalah baterai.

Periksa Health Battery


Health Battery adalah istilah yang sering digunakan untuk melihat seberapa banyak baterai yang masih bisa kamu gunakan jika dibandingkan kapasitas awal saat membeli iPhone pertama kali (100%). Semakin sering perangkat ponsel diisi ulang, digunakan dan beragam kegiatan yang kamu lakukan, Health Battery akan semakin menurun. Jika sudah mencapai angka 50% sampai 60% Health Battery yang tersisa, performa CPU bisa menurun dan iPhone terasa lemot.

Untuk melihat Health Battery, kamu bisa menggunakan beragam aplikasi pihak ketiga. Seperti Battery Life atau CoconutBattery yang ada di komputer Mac – hubungkan perangkat iOS ke komputer dan buka bagian iOS Devices pada Coconut Battery.

Lihat Hasil Benchmark

Laman Geekbench sebagai pembuat aplikasi Benchmark yang pastinya kamu tahu, punya catatan panjang untuk informasi hasil Benchmark pada iPhone normal dan yang mengalami masalah lemot karena baterai rusak. Contohnya untuk iPhone 6s, hasil Benchmark jika CPU normal alias berjalan dalam tenaga penuh adalah skor 2500. Sedangkan untuk iPhone 7 di angka 3500. Jika kamu mencoba langkah yang sama dan mendapatkan hasil yang berbeda sangat jauh (di atas 500 point), bisa saja iPhone yang kamu gunakan harus segera mendapatkan penggantian baterai agar dapat berjalan dalam kecepatan CPU yang lebih kencang.

Akhir Kata

Keputusan Apple untuk membuat performa CPU menjadi lebih lambat saat baterai dianggap sudah rusak memang memicu banyak perdebatan. Ada yang setuju karena memang iPhone 6 adalah produk yang sudah cukup lawas dan masih tetap mendapatkan iOS 11. Namun ada juga yang kecewa karena Apple tidak transparan dalam hal tersebut. Bagaimana dengan pendapat kamu? Bagikan di kolom komentar ya!


5 Ciri-Ciri Baterai iPhone Mulai Rusak dan Harus Segera Ganti


Click to comment
To Top