Featured

4 Cara Mudah Mengembalikan iPhone Temuan

Apakah kamu pernah berada dalam situasi menemukan perangkat iPhone di tempat umum yang tercecer dan ingin mengembalikan pada sang pemilik? Ada beberapa cara yang dapat kamu tempuh untuk meneruskan niat mulia tersebut. Berikut ini 3 cara untuk mengembalikan iPhone pada sang pemiliknya versi Makemac:

1. Angkat Telepon yang Masuk

Hal pertama yang biasa dilakukan pemilik iPhone yang hilang adalah menelpon. Angkat telepon tadi dan jelaskan bahwa kamu telah menemukan perangkat tersebut beserta lokasinya – jelaskan kronologinya jika diperlukan.

Kamu wajib menjelaskan kronologi tersebut agar saat kondisi barang yang kamu temukan berbeda dengan saat hilang, sang pemilik tidak kaget atau kecewa. Contohnya layar retak karena jatuh dari ketinggian tertentu atau hal semacamnya.

2. Tunggu Pemilik Mengaktifkan Find My iPhone

Bila sang pemilik iPhone atau iPad tadi adalah seorang fanboy yang paham fungsi iCloud, dia akan segera mengunci perangkatnya yang hilang.
Proses penguncian dengan Find My iPhone tadi biasanya dilanjutkan dengan mengirim catatan untuk mengembalikan dan kontak yang dapat kamu hubungi. Silahkan hubungi nomor tadi atau email yang disertakan untuk janjian mengembalikan barang.

Sebagai catatan fitur Find My iPhone baru bisa digunakan pemilik jika iPhone tersebut hilang dalam kondisi terkoneksi ke internet. Jika tidak, kamu bisa menempuh beberapa cara sisanya.


Baca Juga:


3. Buka Aplikasi Phone atau Messages

Pemilik perangkat belum menelpon, fitur Find My iPhone juga belum kunjung diaktifkan – berarti kamu yang harus aktif mencari kontak mereka. Silahkan buka aplikasi Phones atau Messages, cari kontak terakhir (orangtua atau saudara dari sang pemilik) yang ada disana dan coba hubungi.

Jelaskan bahwa kamu menemukan perangkat tadi dan mendapatkan kontak orang tersebut di dalamnya. Mintalah kepada kerabat dari pemilik iPhone tersebut untuk memberikan informasi kepada sang pemilik. Sebagai catatan, solusi ini dapat kamu tempuh jika perangkat iPhone tidak dikunci menggunakan fitur passcode lock ya.

4. Perangkat iPhone Tidak Bisa Menyala?

 Cara mengeluarkan sim card di iPhone200
Cara mengeluarkan sim card di iPhone

Kamu baru saja menemukan perangkat iPhone yang jatuh di jalan dalam kondisi hujan misalnya, baterai habis dan tidak bisa dinyalakan. Meskipun bila dilihat sudah tidak bisa menyala, kamu tetap harus berusaha mengembalikannya.

Caranya tidak sulit, kamu bisa membuka case pelindung yang digunakan lalu mencari lubang sim card di sisi samping iPhone. Tusuk dengan jarum atau peniti pada bagian tersebut dengan agak kuat untuk mengeluarkan sim cardnya. Kemudian pasangkan di perangkat ponsel kamu, akses pesan yang disimpan pada sim card atau kontaknya, hubungi orang yang dirasa dekat dan dapat membantu.

Bagaimana jika sim card tersebut menggunakan kode keamanan yang diatur oleh sang pengguna? Saya rasa jalan terakhir yang dapat kamu tempuh adalah membawanya ke operator dari sim card tersebut dan meminta mereka mengecek nomornya. Sejauh pengalaman saya sih fitur ini jarang digunakan, atau kamu termasuk yang peduli dengan fitur tersebut?

Akhir Kata

Mengembalikan barang temuan adalah sebuah kewajiban – jangan malah menggunakannya sendiri atau lebih kejam lagi yaitu menjualnya kepada penadah atau sindikat iPhone rekondisi misal untuk digunakan sebagai suku cadang.

Apakah kamu punya pengalaman menemukan perangkat iPhone dan sukses mengembalikannya? Bagikan ceritamu di kolom komentar ya!


28 Comments
To Top