Featured

Cara Menghubungi Apple Support dan Tips Penting yang Wajib Kamu Tahu

Apple Support adalah layanan bantuan untuk masalah yang kamu alami dari produk Apple dan pendukungnya. Mulai dari kendala teknis pada perangkat (iPhone, Mac, Apple TV), akun Apple ID, informasi pembayaran Apple Pay dan beragam hal lainnya.

Bagaimana cara menghubungi Apple Support jika kamu berada di Indonesia atau mungkin sedang di luar negeri? Apa saja hal yang harus kamu persiapkan untuk menghungi Apple Support? Simak pengalaman saya dan tips yang dapat kamu lakukan untuk mendaptkan bantuan dengan Apple Support ya!

Cara Menghubungi Apple Support

  1. Masuk ke laman Contact Apple Support dari peramban web di komputer atau gadget. Jika kamu menggunakan Apple ID yang mendukung aplikasi Apple Support, silakan unduh aplikasinya di tautan berikut ini. Cara lain yang dapat dilakukan adalah lewat akun Twitter Apple Support.
  2. Jika menggunakan laman web Apple Support, pastikan kamu sudah menekan opsi bahasa Indonesia di bagian bawah. Setelah itu cari produk yang ingin kamu tanyakan. Pilih produk yang paling tepat atau mendekati karena setiap bagiannya dipegang oleh tim ahli yang berbeda-beda.
  3. Setelah masuk ke salah satu produk, pilih permasalahan yang kamu alami dari tampilan daftar. Jika tidak ada daftar yang cocok, masuk ke sub bagian Other Topic (tidak tersedia di semua bagian).
  4. Langkah berikutnya adalah terhubung ke Apple Support. Ada 3 cara yang dapat kamu lakukan yaitu Telepon, Chat dan Email. Berikut ini perbedaan setiap layanan tadi yang harus kamu tahu:
    1. Panggilan Telepon dengan Apple Support: Panggilan telepon dengan Apple Support dapat dilakukan secara langsung atau dengan jadwal yang kamu tentukan. Sistemnya adalah pengguna menuliskan nomor telepon yang dapat dihubungi dan pihak Apple Support akan menelpon, kamu tidak akan mengeluarkan biaya. Opsi panggilan telepon tidak tersedia di semua jenis kasus permasalahan dan hanya mendukung panggilan langsung pada jam kerja (9.00 WIB – 17.00 WIB). Kamu bisa berbicara dengan tim Apple Support yang menggunakan bahasa Indonesia jika meminta panggilan telepon pada jam tersebut. Namun bisa juga dialihkan ke tim Apple Support (berada di Australia atau Singapura) dengan bahasa Inggris jika diperlukan. Biasanya mereka memiliki jabatan lebih senior daripada Apple Support di Indonesia.
    2. Chat dengan Apple Support: Layanan chat dengan Apple Support bisa dilakukan di peramban komputer (Mac atau Windows) dan aplikasi Apple Support untuk perangkat iOS. Kamu bisa menjelaskan pertanyaan yang ingin disampaikan dalam bentuk teks kepada pihak Apple Support dan mendapatkan balasan dalam mode yang sama. Layanan ini biasanya tersedia selama 24 jam dan menggunakan bahasa Inggris. Dengan menggunakan layanan chat ke Apple Support, permasalahan yang membutuhkan bukti seperti foto atau gambar akan lebih mudah dikirim daripada menggunakan panggilan telepon.
    3. Pesan email dengan Apple Support. Tidak jauh berbeda dengan chat, layanan ini juga berbasis teks namun memerlukan alamat email. Bedanya adalah kamu akan mendapatkan balasan yang lebih lama alias tidak real time.

Baca Juga:


Tips Menghubungi Apple Support

Dari pengalaman saya menghubungi Apple Support, berikut ini beberapa tips yang dapat kamu lakukan agar semua prosesnya dapat berjalan dengan lancar dan cepat:

  1. Jangan ragu untuk menjelaskan keluhan yang kamu alami secara lengkap, jujur dan kooperatif. Beberapa hal tadi dapat mempermudah setiap pengecekan dari masalah yang kamu alami.
  2. Pastikan untuk mempersiapkan beberapa hal pendukung yang diperlukan seperti Serial Number komputer Mac, Apple ID, daftar pertanyaan atau data penting lainnya.
  3. Jika menggunakan layanan panggilan telepon, siapkan Earpods atau earphone yang memiliki mikrofon agar mendapatkan suara yang jelas dan bisa menerima input suara.
  4. Biasanya Apple Support memerlukan beberapa data pengguna seperti Apple ID, Serial Number di komputer Mac atau hal lainnya. Agar proses mengeja dapat lebih mudah (panggilan telepon) , siapkan catatan Alfabet Fonetik di depan layar komputer atau bisa cetak terlebih dahulu.  Phonetic Alphabet2
  5. Jika menggunakan layanan bantuan dengan chat, ketik pertanyaan kamu secara lengkap dan berurutan dalam sebuah chat, baru kirim. Hindari untuk mengetik informasi secara terpisah dalam beberapa balon teks karena bisa menyebabkan informasi tidak akurat.
  6. Hindari untuk menggunakan bantuan lewat email jika memang kamu memerlukan layanan yang cepat. Seperti bantuan untuk Apple ID yang terkunci, masalah dengan pembayaran di iTunes atau hal mendesak lainnya.

Punya Pengalaman Menghubungi Apple Support?

Saya pribadi sudah beberapa kali menghubungi Apple Support untuk masalah yang terjadi pada perangkat Apple. Mulai dari menanyakan prosedur klaim perangkat iPhone, masalah dengan pembayaran kartu kredit di Apple ID hingga masalah iCloud Activation Lock yang terjadi pada perangkat iPad.

Terkadang memang menyita cukup waktu, apalagi jika kamu harus menjelaskan sebuah masalah secara spesifik. Namun keramahan yang diberikan dan bantuan yang sigap untuk beberapa masalah khusus, membuat saya merasa puas setiap kali menghubungi Apple Support. Bagaimana dengan kamu, punya pengalaman saat menghubungi Apple Support? Bagikan di kolom komentar ya!


8 Hal yang Harus Kamu Lakukan Kalau ada Apple Store di Indonesia


Click to comment
To Top