How-To

Cara Rahasia Mengurangi Ukuran ’System’ di Pengaturan iPhone Storage

Sejak update iOS 10, Apple menampilkan jumlah kapasitas penyimpanan yang digunakan untuk System atau sistem operasi di perangkat iOS. Bagian ini bisa kamu temukan di Settings – General – iPhone Storage untuk perangkat dengan iOS 11 serta iOS 12 dan mungkin sedikit berbeda di iOS 10.

Jika kamu scroll hingga ke bagian bawah di halaman tersebut, ada tampilan System yang saya maksud dan ukurannya bisa sangat besar. Mulai dari 5GB, 10GB atau bahkan pengguna seperti saya bisa mencapai di angka 25GB. Apple sendiri tidak pernah memberikan penjelasan apapun mengenai bagian tersebut, kenapa bisa sangat besar dan secara tidak langsung membuat iPhone kamu cepat penuh.

Ingin mengurangi kapasitas ‘System’ di iPhone Storage? Tim MakeMac menemukan cara rahasia yang sangat mudah untuk dilakukan dan tidak memerlukan aplikasi tambahan. Berikut ini panduan lengkapnya:

Mengurangi Ukuran ’System’ di Pengaturan iPhone Storage

  1. Sebelum mulai, silakan cek ukuran System di bagian Settings – General – iPhone Storage. Agar lebih yakin, tunggu beberapa menit hingga hasilnya tidak berubah lagi karena proses loading dari iOS. Ambil gambar screenshot jika diperlukan.
  2. Buka iTunes di komputer Mac atau Windows yang biasa kamu gunakan.
  3. Hubungkan perangkat iPhone ke komputer.
  4. Jika ini adalah kali pertama perangkat iPhone dihubungkan ke komputer tersebut, tekan tombol Trust yang tampil di layar untuk memberikan hak akses. Kamu juga harus memasukkan Passcode Lock yang ada di perangkat iPhone agar iTunes dapat melanjutkan aksesnya.
  5. Biarkan perangkat iPhone terhubung ke iTunes selama beberapa menit. Kamu tidak perlu melakukan proses Sync, Backup atau apapun. Cukup diamkan saja seperti sedang melakukan charging namun menggunakan komputer.
  6. Silakan akses iPhone dan kembali masuk ke Settings – General – iPhone Storage. Tunggu prosesnya selesai dan cek bagian System, apakah sudah berkurang?

Baca Juga:


Tambahan

Dari pengalaman tim MakeMac menggunakan iPhone 7 Plus di iOS 12 Beta, cara di atas terbukti ampuh untuk mengurangi kapasitas System hingga sekitar 5GB. Namun di percobaan dengan iPhone lain, pengurangan yang terjadi tidak sampai 5GB atau bahkan hanya sekitar 2GB hingga 1GB saja.

Belum ada penjelasan apapun dari Apple mengenai trik ini dan apakah bisa dilakukan secara berkala, agar mengurangi ukuran System secara lebih besar lagi. Namun laman OS X Daily menyebutkan, langkah paling efektif untuk mendapatkan ukuran dokumen System sekecil mungkin adalah melakukan Restore perangkat iOS dan lanjutkan dengan Restore from Backup. Saya pribadi belum mencoba langkah ini karena dirasa terlalu merepotkan, bagaimana dengan kamu?

Silakan coba lakukan trik rahasia di atas untuk mengurangi ukuran System di iPhone Storage ya! Bagikan hasil percobaan yang kamu dapatkan yaitu ukuran System sebelum dan sesudah ya di kolom komentar!


iOS 11 Tambah Fitur untuk Hapus Aplikasi dan Simpan Cache Data


Click to comment
To Top