News

Dari 782 Pertanyaan, HomePod Jawab dengan Benar 52,3 Persen

HomePod, Foto: Apple (YouTube)

Sejak Jumat pekan kemarin, Apple resmi masuk ke pasar speaker pintar dengan meluncurkan HomePod yang digadang-gadang menawarkan kualitas audio lebih baik dibandingkan dengan para pesaing, seperti Amazon Echo, Google Home, dan lainnya.

Kini firma riset Loup Ventures merilis hasil serangkaian pengujian tidak hanya mengenai kualitas audionya, tapi juga kemudahan penggunaan HomePod melalui asisten pribadi Siri yang merupakan pusat interaksinya.

HomePod disebutkan memiliki kualitas audio yang lebih baik dari produk sejenis di kelasnya. Tak heran karena ia dilengkapi hardware yang mumpuni. Hal ini senada dengan klaim sebelumnya dari berbagai kalangan reviewer dan YouTuber beberapa waktu lalu.

Dalam pengujian, firma riset tersebut menggunakan tiga buah HomePod dan menanyakan sebanyak 782 pertanyaan. Di sisi ini, HomePod sebagai speaker pintar yang dilengkapi kecerdasan buatan (AI) disebutkan mengerti 99,4 persen pertanyaan yang diajukan.

Namun hanya 52,3 persen pertanyaan yang mampu dijawab HomePod dengan benar. Untuk dibandingkan, Google Home mampu menjawab 81 persen pertanyaan, Alexa 64 persen, dan Cortana 57 persen.

Firma riset itu mencatat ada beberapa pertanyaan yang saat ini masih belum didukung HomePod, seperti navigasi, kalender, email, dan panggilan telepon. Malah, menyarankan untuk menggunakan fungsi tersebut di iPhone atau tidak mampu menjawab pertanyaan sama sekali.


Baca juga:


Saat pertanyaan-pertanyaan itu tidak digunakan, Siri di HomePod mampu menjawab pertanyaan dengan benar sebanyak 67 persen. Lebih tinggi daripada Alexa yang sebsar 64 persen dan Cortana 57 persen.

Firma riset yang sama juga memproyeksikan penjualan HomePod untuk tahun ini. Di 2018, HomePod diproyeksi terjual sebanyak 7 juta unit dengan pangsa pasar sebesar 12 persen. Penjualannya diproyeksikan naik di 2019 ke angka 10,9 juta unit.

Terakhir, firma riset itu dalam datanya juga merilis hasil survey terhadap 500 responden mengenai rencana pembelian HomePod. Tercatat 3,3 persen responden yang berencana membeli HomePod tahun depan.

Adapun responden yang sudah memiliki produk Apple berencana membeli HomePod berjumlah 5,2 persen. Jumlah ini sama seperti jumlah responden yang berencana membeli Apple Watch jelang peluncurannya pada musim Semi 2015 lalu.

[source site_name = “Loup Ventures” site_url = “http://loupventures.com/we-ran-homepod-through-the-smart-speaker-gauntlet/”][/source]
Click to comment
To Top