News

Apple Mencabut Dash dari App Store Karena Dugaan Manipulasi Review

Tim pengembang Kapeli punya berita kurang menyenangkan bagi kamu para pengguna aplikasinya, Dash for iOS. Kemarin mereka berencana melakukan proses migrasi dari akun iTunes Connect personal ke jenis akun perusahaan.

Namun setelah proses selesai, Apple malah memberikan label bahwa akun ditutup karena melanggar aturan. Singkat cerita, hal ini membuat Dash tidak tersedia di App Store. Setelah berkomunikasi secara lebih lanjut dengan Apple, kabarnya penutupan akun ini dilakukan karena Dash dianggap melakukan manupulasi untuk review di App Store. Hal ini tentu saja membuat Bogdan Popescu, CEO dari Kapeli kaget.

Apple contacted me and told me they found evidence of App Store review manipulation. This is something I’ve never done.

Menurut sumber berita 9To5Mac, Phill Schiller juga sudah berkomentar untuk masalah Dash. Yaitu keputusan Apple dilakukan untuk melindungi App Store dari ekosistem yang bersih dari kecurangan dan hal tidak layak lainnya.

We often terminate developer accounts for ratings and review fraud, including actions designed to hurt other developers. This is a responsibility that we take very seriously, on behalf of all of our customers and developers.

Beberapa pengembang dan pengamat berita seputar Apple juga memberikan perhatian khusus untuk masalah Dash. Ya, ini karena mereka sudah lama menjadi pengguna Dash untuk melihat daftar dokumentasi API dari beragam layanan yang diberikan. Salah satunya adalah Federico Viticci yang menilai Dash tidak perlu “review palsu” karena sudah terbukti sangat membantunya selama beberapa tahun.


Baca Juga:

Jika benar Dash tidak melakukan manupulasi review di App Store, lantas kenapa Apple menganggap hal berbeda? Dugaan berikutnya yang banyak dibicarakan adalah Dash diserang oleh pihak lain atau bisa saja sistem deteksi Apple yang melakukan kesalahan. Semoga segera ada kabar baik untuk Dash dan bisa kembali ke App Store. Untuk sementara ini, silahkan gunakan Dash di komputer Mac dengan cara unduh dari Dash for macOS ya.

[source site_name = “9To5Mac” site_url = “https://9to5mac.com/2016/10/05/apple-inexplicably-terminates-developer-account-for-popular-developer-app-dash-apps-removed-from-app-store/”][/source]


Click to comment
To Top