News

DisplayMate Nobatkan iPhone X Sebagai Smartphone dengan Layar Terbaik

iPhone X

iPhone X (Apple)

Keputusan Apple untuk mengadopsi layar Organic Light-Emitting Diode (OLED) kali pertama di iPhone X ternyata membuahkan hasil terbaik. DisplayMate memuji kualitas layar OLED yang dimiliki iPhone generasi baru tersebut.

Berdasarkan pengujian yang dilakukannya secara menyeluruh, DisplayMate memberikan pujian bahwa layar OLED milik iPhone X adalah yang paling inovatif dan memiliki performa tinggi dalam ponsel pintar yang pernah mereka uji.

iPhone X berhasil menandingi atau mencatat rekor baru sebagai smartphone dengan performa layar paling tinggi dalam 6 kategori seperti, keakurataan warna, kecerahan layar penuh, tingkat kontras layar penuh dalam cahaya ambient, rasio kontras tertinggi, tingkat refleksi paling rendah, dan variasi kecerahan dengan sudut pandang terkecil.

Selain itu, tingkat refleksi layar iPhone X juga disebutkan adalah yang paling rendah dengan persentase sebesar 4,5 persen dan variasi kecerahan terkecil dengan sudut pandangnya sebanyak 22 persen.

The iPhone X matches or sets new Smartphone display performance records for:

  • Highest Absolute Color Accuracy for any display (0.9 JNCD) which is Visually Indistinguishable From Perfect.
  • Highest Full Screen Brightness for OLED Smartphones (634 nits).
  • Highest Full Screen Contrast Rating in Ambient Light (141).
  • Highest Contrast Ratio (Infinite).
  • Lowest Screen Reflectance (4.5 percent).
  • Smallest Brightness Variation with Viewing Angle (22 percent).

Baca juga:


Layar OLED 5,8 inci milik iPhone X diketahui mengusung resolusi tinggi Full HD+ dengan ukuran 2436×1125 piksel dan kerapatan layar pada 458 PPI (Pixel Per Inch). Sementara itu, rasio aspek layarnya adalah 19.5:9 atau 22 persen lebih besar daripada rasio aspek 16:9 di iPhone generasi sebelumnya.

Dibandingkan dengan layar perangkat HDTV, layar OLED iPhone X tercatat memiliki jumlah piksel 32 persen lebih besar. Yaitu mencapai 2,7 megapiksel. Alhasil, ketajaman gambar di layar resolusinya tingginya diklaim lebih tinggi dan tajamnya sempurna daripada yang mampu dianalisis mata orang normal dengan penglihatan 20/20 pada jarak pandang 12 inci.

DisplayMate juga mengatakan tidak ada gunanya untuk meningkatkan resolusi layar dengan PPI lebih tinggi lagi di iPhone X. Misalnya hingga ke resolusi 4K (3940×2160). Pasalnya, hal itu diklaim tak ada keuntungan visual bagi pengguna.

Lebih mengesankan lagi, layar iPhone X juga memiliki tingkat kalibrasi tinggi. Kalibrasinya disebutkan mendekati “Text Book Perfect Calibration and Performance”. Tak heran, jika iPhone X dinobatkan sebagai smartphone dengan layar terbaik di dunia.


1 Comment
To Top