Featured

EaseUS Todo Backup for Mac, Cadangkan Data dengan Rapi dan Terjadwal

Membuat cadangan data atau backup adalah salah satu kewajiban penting bagi pengguna perangkat komputer. Karena bisa saja kamu mengalami hal buruk seperti kehilangan perangkat, data error dan tidak bisa dibuka atau mungkin kendala lainnya. Sebelum musibah itu terjadi, persiapan yang baik alias backup adalah kunci untuk terus dapat bekerja dan menggunakan data kamu secara mudah dan kapan saja saat dibutuhkan. Dalam artikel ini tim MakeMac akan berbagi review aplikasi EaseUS Todo Backup for Mac yang punya beragam fitur untuk mencadangkan data. Mulai dari Backup, Archive hingga Clone dengan mudah dan pengaturan lengkap. Yuk simak langsung!

Mengenal EaseUS Todo Backup for Mac

EaseUS adalah salah satu tim pengembang aplikasi di Mac yang banyak membuat aplikasi utilitas untuk membantu kamu membereskan beragam masalah dengan data atau dokumen. Contohnya adalah EaseUS Data Recovery Wizard dan kali ini yang akan kita bahas yaitu EaseUS Todo Backup for Mac.

Sesuai dengan namanya, EaseUS Todo Backup for Mac punya beberapa cara backup yang dapat kamu lakukan secara terjadwal atau manual. Mulai dari Full Backup, Backup Encryption, Backup Storage Media, Quick Recovery dan beragam hal lainnya. Bahkan bagi kamu yang ingin berpidah ke komputer Mac baru, EaseUS Todo Backup for Mac juga mendukung fitur Mac Clone Utility alias menyalin data dan sistem operasi dari komputer A dan pindahkan ke komputer B. Semuanya sama persis, bahkan hingga pengaturan terkecil yang kamu lakukan juga bisa langsung diakses pada komputer baru tersebut.

Tampilan EaseUS Todo Backup for Mac

Setelah mengunduh EaseUS Todo Backup for Mac, kamu akan mendapatkan tampilan utama seperti gambar di atas ya. Jendela utama EaseUS Todo Backup for Mac akan terbagi 2 yaitu sisi kiri untuk memilih menu Backup yang akan kamu lakukan. Mulai dari Mac Data Backup, Backup Archive, Disk Clone hingga File Synchronization. Sedangkan sisi kanan berisi jendela informasi untuk folder yang dipilih atau sudah terdaftar untuk digunakan pada EaseUS Todo Backup for Mac. Bagian kiri bawah ada beberapa pengaturan tambahan seperti tombol tambah dan hapus folder, pengaturan dan juga Restore. Di samping kanannya terisi tombol untuk proses loading membuat cadangan data serta akses lainnya.


Baca Juga:


Cara Menggunakan EaseUS Todo Backup for Mac

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah mempersiapkan media penyimpanan ekstrnal untuk mencadangkan data dengan bantuan EaseUS Todo Backup for Mac. Saya sarankan untuk menggunakan hard disk eksternal dengan kapasitas 2 kali lipat lebih besar dari penyimpanan internal di MacBook atau MacBook Pro yang kamu gunakan ya. Hal ini sebetulnya tidak wajib, namun lebih disarankan terutama jika kamu punya data yang cukup banyak dan sering bertambah dalam waktu singkat.

Berikut ini penjelasan setiap fitur backup yang ada di EaseUS Todo Backup for Mac:

  • Mac Data Backup: Berguna untuk mencadangkan data dalam bentuk folder atau file yang kamu pilih secara mudah dan cepat. Misalkan kamu ingin mencadangkan folder Pictures dari komputer Mac ke hard disk eksternal. Cukup lakukan pengaturan yang diperlukan pada proses awal dan tekan tombol Play sebagai cara backup. Semua data yang ada di folder Picture akan tersimpan dan ada mode filterisasi yang bisa diatur sesuai kebutuhan. Misalkan tidak menyalin dokumen dengan format hidden files, Alias atau sistem Backup Data yang akan menghapus cadangan data sebelumnya dan juga penjadwalan backup.

  • Backup Archive: Tidak jauh berbeda dengan Mac Data Backup. Bedanya di pengaturan ini data yang kamu cadangkan akan dikompresi semaksimal mungkin namun tetap aman. Tujuannya adalah menghemat kapasitas penyimpanan di media eksternal yang digunakan dan menjaga data tersebut tetap mudah diakses saat kamu butuhkan.

  • Clone Disk: Clone Disk adalah proses menyalin data dan sistem operasi yang ada di sebuah komputer ke hard disk lain yang akan digunakan ke komputer lain atau mungkin komputer yang sama. Proses ini biasa digunakan ketika pengguna ingin ganti komputer baru atau ganti hard disk baru namun tidak ingin kehilangan data, pengaturan dan instal aplikasi yang diperlukan lagi. Syarat utama untuk menggunakan Clone Disk adalah kapasitas penyimpanan di hard disk internal dan eksternal tersebut harus sama besar atau lebih besar di eksternal.

  • Syncchronize: Fitur sinkronisasi folder ini dapat bekerja untuk kamu yang biasa menggunakan fitur backup dengan cara manual sebelumnya dan kurang rapi dalam mengelola penyimpanan dokumen. Silakan gunakan Syncchronize untuk membut sebuah folder di komputer Mac dan hard disk ekstrnal dalam mode yang selalu tersinkronisasi. Dengan Syncchronize, setiap penambahan dokumen, edit atau mungkin hapus akan berlaku secara sama. Sehingga kamu tidak akan kebingungan mencari dokumen A versi terbaru ada di internal hard disk atau mungkin cadangannya.

Pengalaman Menggunakan EaseUS Todo Backup for Mac

Saya sudah menggunakan EaseUS Todo Backup for Mac untuk membuat backup data dan juga mode sinkronisasi. Beragam fitur yang tersedia di EaseUS Todo Backup for Mac membuat saya menjadi lebih mudah dan leluasa dalam membuat cadangan data. Ditambah lagi ada beberapa pengaturan yang sangat mudah untuk digunakan dan bisa menyesuaikan dengan kapasitas penyimpanan eksternal milikmu.

Siapa saja yang cocok menggunakan EaseUS Todo Backup for Mac? Tentunya kamu yang sedang mengerjakan banyak tugas dari kantor atau mungkin masa tugas akhir dari sekolah atau kampus adalah contoh pengguna yang perlu membuat cadangan data dengan rapi dan mudah diakses kembali lewat EaseUS Todo Backup for Mac.

Tertarik mencoba EaseUS Todo Backup for Mac? Aplikasi ini tersedia secara gratis dalam masa percobaan dan beberapa fitur terbatas. Untuk dapat menggunakan secara lebih lengkap, silakan beli EaseUS Todo Backup for Mac dengan harga $39.95 yang sedang diskon untuk saat ini menjadi $29.95 saja ya!

Download EaseUS Todo Backup for Mac


2 Comments
  • Thank you for bringing more information to this topic for me. I’m truly grateful and really impressed.

  • sangat membantu sekali gan.. bentar lagi mau ganti mac soalnya

To Top