News

eBay Rilis HeadGaze, Akses Layar Tanpa Sentuhan dengan ARKit dan Kamera iPhone X

Layanan belanja online eBay punya sebuah terobosan teknologi yang sangat unik. Mereka menggunakan perpaduan teknologi ARKit di perangkat iOS dan kamera depan iPhone X untuk menciptakan HeadGaze. Fitur ini akan membantu para pengguna dengan gangguan motorik untuk mendapatkan akses ke layar dengan pemindaian gerakan kepala.

this technology uses Apple ARKit and the iPhone X camera to track your head motion so you can navigate your phone easily without using your hands.


Baca Juga:


Muratcan Cicek adalah salah satu anak magang di eBay sekaligus tim di pengembangan HeadGaze. Dia sudah membagikan semua dokumentasi dan hal penting dari HeadGaze secara open source di laman GitHub.com. Diharapkan teknologi ini dapat digunakan pengembang aplikasi atau penyedia layanan e-commerce dalam membantu pengguna yang mengalami gangguan motorik untuk akses layar ponsel.

Teknologi HeadGaze bekerja dengan cara yang sangat sederhana untuk membantu sejumlah pengguna dengan kebutuhan khusus. Langkah pertama adalah melakukan pemindaian pada wajah yang ada di depan layar. Setelah itu setiap gerakan seperti atas, bawah, tengok samping kanan kiri akan diolah menjadi input seperti sentuhan di layar.

HeadGaze juga bisa mendeteksi berapa lama gerakan tersebut hilang atau statis untuk diubah menjadi sebuah sentuhan virtual ke layar. Ada beberapa action tambahan yang bisa diatur seperti scroll halaman ke atas atau bawah hingga memilih produk untuk dibeli di eBay misalnya. Teknologi ini juga bisa diintegrasikan ke beragam website lain yang memerlukan teknologi serupa dan minim perubahan di bagian kode program.

Teknologi lainnya yang dijelaskan oleh eBay dalam projek ini adalah Assistive Technology (AT). Teknologi ini digunakan untuk meningkatkan kemampuan fungsional dari beberapa keterbatasan yang sebelumnya dialami pengguna dengan gangguan motorik. Mulai dari membaca buku, mengetik di komputer hingga kegiatan cukup kompleks lainnya.

Meskipun dikenalkan untuk membantu pengguna dengan kebutuhan khusus, HeadGaze bisa saja suatu saat digunakan untuk pengguna umum di beberapa kondisi penting. Misalkan saat sedang memasak dan tangan kamu kotor, sedangkan perlu membuka ponsel dengan cepat. Atau mungkin saat sedang melakukan perbaikan mobil dan perlu melihat catatan khusus mengenai panduan memperbaiki, tanpa harus repot cuci tangan terlebih dahulu.


4 Pengaturan Accessibility Terbaru di iOS 10


Click to comment
To Top