Miscellaneous

FBI Bayar Jutaan Dolar buat Retas iPhone Teroris San Bernardino

James Comey

FBI ternyata harus membayar mahal hingga jutaan dolar hanya untuk bisa meretas iPhone 5c milik pelaku penembakan di San Bernardino. Nah berapa banyak uang yang dikeluarkan Biro Penyelidik Federal AS tersebut?

Seperti dilansir Reuters, direktur FBI James Comey menyebutkan bahwa biaya untuk membuka kunci iPhone teroris tersebut setara dengan gajinya selama tujuh tahun dan empat bulan sebelum ia pensiun.

Gaji yang diterima James Comey selama rentang waktu tersebut diketahui mencapai lebih dari $1,34 juta atau sekitar Rp 17,3 milyar tanpa bonus tambahan.

According to figures from the FBI and the U.S. Office of Management and Budget, Comey’s annual salary as of January 2015 was $183,300. Without a raise or bonus, Comey will make $1.34 million over the remainder of his job.

iPhone 5 milik Syed Farook sendiri tidak mengandung informasi baru yang dibutuhkan FBI untuk mengungkap motif di balik penembakan yang menewaskan 14 orang. Jadi upaya peretasan itu tampak sia-sia belaka.


Baca juga:


Walau tidak menemukan informasi yang dicarinya, FBI menyebutkan penemuannya masih bisa membantu mereka karena ada ditemukan adanya jeda waktu beberapa menit setelah penembakan terjadi.

Keberhasilan FBI meretas iPhone teroris tidak serta merta menghentikan pemerintah untuk menyudahi kasus enkripsi. Malah Kongres AS bakal mengadakan sidang dengar untuk mendengarkan kesaksian Apple dan FBI pekan ini.


Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top