News

Fitur Dual SIM di iPhone Xs, iPhone Xs Max dan iPhone Xr Belum Tersedia Saat Rilis Awal

Apple sudah mengenalkan iPhone Xs, iPhone Xs Max dan iPhone Xr dengan banyak teknologi baru, salah satunya adalah Dual-SIM. Namun sayangnya, Dual SIM yang menggunakan Nano SIM dan eSIM ini belum dapat dinikmati pada masa awal rilis.

Dalam catatan yang diberikan Apple, Dual SIM di iPhone Xs, iPhone Xs Max dan iPhone Xr baru aktif di akhir tahun 2018 lewat perbaikan perangkat lunak alias software update.

Dual SIM support will be available via a free software update later this fall. Use of Dual SIM requires two wireless service plans (which may include restrictions on roaming). Certain restrictions apply to use.

Teknologi Dual SIM dari Apple untuk iPhone Xs, iPhone Xs Max dan iPhone Xr terbagi dalam 2 jenis. Pertama adalah Dual SIM dengan Nano SIM dan eSIM (electronic SIM card, tidak berbentuk kartu SIM fisik) untuk daftar negara yang sudah mendukung eSIM dan operator yang bekerjasama dengan Apple. Kedua adalaah Dual SIM yang menggunakan 2 Nano SIM yang khusus dijual untuk pasaran Tiongkok, Hong Kong dan Macau.


Baca Juga:


Untuk teknologi dual SIM, Apple menggunakan sistem Dual SIM Dual Standby. Di mana kedua nomor telepon yang digunakan akan aktif secara bersamaan, misalkan untuk menerima dan mengirim pesan atau panggilan. Khusus untuk mode menerima telepon, jika nomor pertama sedang menerima panggilan dan di saat yang sama ada panggilan masuk ke nomor kedua, secara otomatis panggilan kedua akan masuk ke Voicemail.

Teknologi ini juga memberikan batasan hanya salah satu Cellular Data yang aktif namun bisa ditukar saat diperlukan. Misalkan kamu ingin menggunakan nomor pertama untuk Cellular Data dan nomor kedua hanya untuk menerima dan mengirim panggilan telepon serta pesan saja. Kemudian ditukar menjadi Cellular Data kedua yang aktif saat sedang dalam perjalanan keluar kota atau saat diperlukan.

Di negara Amerika Serikat, para operator ternama seperti Verizon, AT&T, dan T-Mobile sudah bersiap untuk memberikan dukungan eSIM di perangkat iPhone Xs, iPhone Xs Max dan iPhone Xr. Bagaimana dengan negara lainnya, operator apa saja yang nantinya akan mendukung eSIM untuk iPhone? Silakan simak catatannya di laman Apple berikut ini ya. Sebagai catatan, teknologi eSIM belum tersedia di Indonesia.

Lanjut untuk yang kedua yaitu Dual SIM dengan 2 Nano SIM untuk pasaran Tiongkok, Hong Kong dan Macau. iPhone Xs, iPhone Xs Max dan iPhone Xr jenis tersebut memang dipasarkan oleh Apple pada 3 wilayah itu karena tidak mendukung teknologi eSIM. Padahal para pengguna gadget di kawasan tersebut, sangat memerlukan ponsel yang dapat menggunakan 2 kartu SIM karena sering melakukan perjalanan keluar kota atau keluar negeri dan tidak ingin repot mengganti kartu SIM.

Hingga artikel ini tim MakeMac bagikan, belum ada pembahasan apakah iPhone Xs, iPhone Xs Max dan iPhone Xr dengan mode dual SIM yang menggunakan 2 Nano SIM dapat digunakan di luar wilayah Tiongkok. Kami akan merilis catatan terbarunya jika sudah mendapatkan berita tersebut.

Bagaimana dugaan kamu, apakah bisa digunakan di Indonesia, iPhone dengan 2 Nano SIM?


Mengintip Harga iPhone Xs, iPhone Xs Max dan iPhone Xr di Singapura


Click to comment
To Top