News

Fitur In-App Purchases Catat Rekor Gemilang di Tahun 2017

In-App Purchases (IAP) atau fitur belanja di dalam sebuah aplikasi atau games di App Store, kabarnya menuai sukses besar di sepanjang tahun 2017. Dikutip dari data Sensor Tower melalui sistem Store Intelligence, pengguna perangkat iPhone di Amerika Serikat mengalami pertumbuhan hingga 23% dalam hal belanja di IAP selama tahun 2017.

U.S. iPhone users spent 23 percent more on in-app purchases (IAP) and premium apps in 2017 than the year before, Sensor Tower Store Intelligence data reveals.

Sedangkan secara nominal, rata-rata pengeluaran pengguna perangkat iPhone yang aktif adalah $58 untuk tahun 2017. Angka ini naik dari $47 di tahun 2016. Data ini tidak termasuk sistem belanja di dalam aplikasi seperti Amazon atau Uber yang tidak menjadi kategori IAP. Contoh data yang dihitung adalah sistem berlangganan Netflix yang langsung menggunakan sistem IAP di perangkat iOS, games dan beberapa aplikasi lainnya.


Baca Juga:


Sensor Tower juga merilis 2 tabel lengkap untuk daftar pendapatan per iPhone yang aktif digunakan dan rata-rata aplikasi yang diunduh oleh pengguna aktif. Berikut ini data lengkapnya:

Pertama untuk daftar pendapatan, kategori Games menjadi yang paling laris dan menjaring pemasukan besar untuk para pengembang di App Store. Angka yang diberikan adalah $36 untuk rata-rata setiap pengguna iPhone yang aktif, meningkat 13% dari data di tahun 2016 yaitu $32. Peringkat kedua ada di kategori Entertainment yaitu $4.40 yang naik 57% dari angka tahun lalu yaitu $2.80. Sisanya adalah Music, Sosial Networking dan Lifestyle.

Data kedua adalah rata-rata aplikasi yang diinstal oleh perangkat iPhone aktif. Kategori pertama kembali dipegang oleh Games dengan angka 13.1, naik 7% dari angka tahun lalu di 12.3. Catatan menarik ada di kategori kedua yaitu Photo & Video yang justru turun di angka 10% (4.0 menjadi 3.6). Sisanya adalah Entertainment, Social Networking dan Utilities.

Dari 2 data di atas, terlihat bahwa kategori games sangat diminati daripada beraga aplikasi lainnya. Hal ini tentunya ditunjang oleh pengembangan games yang terus dilakukan oleh beragam developer dan peningkatan fitur dari iOS. Salah satunya adalah fitur berlangganan yang sudah dibuka oleh Apple untuk semua kategori aplikasi, termasuk games tentunya.


Awas, Modus Phishing Apple ID dengan Kedok Layanan Berlangganan


Click to comment
To Top