Mau Make

Ketahui Fitur iPhone yang Hilang Berdasarkan Negara Asal

Kebijakan sebuah negara terkadang menjadi batasan untuk perangkat elektronik yang dapat diedarkan. Mulai dari kebijakan penggunaan aplikasi seperti negara Tiongkok yang memblokir Facebook, Google dan Twitter atau bahkan syarat usus untuk sebuah perangkat elektronik seperti iPhone.

Bagi kamu yang belum tahu, ada beberapa negara yang memberikan syarat khusus untuk sebuah perangkat iOS yang akan dijual. Batasannya terkadang cukup unik dan tentunya info ini wajib kamu tahu. Berikut ini datanya berdasarkan negara dan fitur yang dibatasi:

iPhone di Jepang dan Suara Shutter

Perangkat iPhone atau ponsel lainnya yang dijual di Jepang, tidak bisa mendapatkan fitur silent shutter alias suara jepret kamera yang selalu berbunyi. Ya, bahkan saat kamu mengaktifkan Mute Button di samping kiri, tetap saja suara ini akan berbunyi ketika kamu mengambil gambar.

Bahkan kabarnya suara jepret ini terdengar lebih keras dibandingkan iPhone yang dijual untuk pasaran di luar Jepang. Tim MakeMac tidak menemukan keterangan langsung dari Apple mengenai hal ini. Namun menurut beberapa sumber, standar ini memang diberikan untuk negara Jepang sebagai langkah pemerintah untuk mengurangi tindakan asusila di muka umum. Seperti mengambil foto candid dari orang lain atau hal lainnya.

Apakah ada cara mudah untuk mengecek iPhone yang termasuk dalam produk yang dijual di Jepang? Mudah saja, silahkan masuk ke Settings – General – About, lalu coba amati di Model. Kode J/A adalah Model Regions untuk perangkat iPhone yang dijuar di Jepang dan tidak bisa melakukan silent shutter.

iPhone di Korea Selatan dan Find My Friends

Sama dengan Jepang di Model Regions J/A, iPhone untuk Korea Selatan juga tidak bisa melakukan silent shutter. Namun selain itu, iPhone dengan Mode Regions KH ini juga punya fitur lainnya yang hilang. Yaitu tidak dapat instal Find My Friends.

Aplikasi tambahan yang berfungsi untuk berbagi catatan lokasi bersama teman atau keluarga ini tidak akan tampil di Homescreen. Setiap selesai unduh dan menekan tombol Open, tampilan kembali ke halaman utama dan tidak membuka apapun. Hal ini sudah dicoba oleh salah satu Sahabat MakeMac dan juga banyak laman Apple Discussion yang membahas hal ini.

Prediksi tim MakeMac, fitur ini memang tidak dijinkan ada di iPhone yang dijual untuk daerah Korea Selatan. Selain karena batasan akses Google Maps, mungkin pemerintah Korea menganggap fitur ini berbahaya dan dapat mengancam keamanan personal ataupun negara.


Baca Juga:


iPhone di Uni Emirat Arab dan Facetime

Lompat ke daratan yang berbeda, iPhone di Uni Emirat Arab punya batasan fitur lain yang berbeda dari kedua daftar di atas. Yaitu aplikasi Facetime yang tidak tersedia di Homescreen. Bahkan saat kamu melakukan Restore via iTunes, fitur panggilan video dan suara lewat akun Apple ID ini juga tetap saja tidak hadir. Kabarnya batasan ini diberikan untuk menghindari penggunaan fitur Video Call untuk berbuat asusila atau hal sejenisnya.

Sama dengan kedua cara sebelumnya, cara mengecek yang digunakan berdasarkan Model Regions. Masuk ke Settings – General – About. Jika di bagian Model ada kode AB di bagian belakang, maka iPhone itu adalah produk untuk dijual di Uni Emirat Arab tanpa fitur Facetime.

Punya Info Tambahan?

Dari riset yang tim MakeMac lakukan, hanya 3 jenis Model Regions ini saja yang punya batasan fitur berdasarkan permintaan negara. Apakah kamu punya informasi tambahan untuk melengkapi artikel ini? Silahkan bagikan di kolom komentar atau tweet ke @MakeMac ya!

Sebagai tambahan catatan, Apple punya daftar iOS Feature Availability yang berisi beragam fitur pelengkap dari iOS yang hanya ada di beberapa negara tertentu. Sebagai contoh sederhana yaitu Siri dengan dukungan jawaban untuk pertanyaan seputar Sport, tidak tersedia di negara Indonesia. Silahkan lihat info lengkapnya di halaman berikut ini ya!


Jangan Beli iPhone 4 di 2017! Ini 5 Alasan dari MakeMac

Gambar


9 Comments

9 Comments

  1. Aldoniro Andretti

    22 February 2017 at 19:41

    Hmmm mesti mikir 2x mau nitip temen beli iPhone di negara tersebut

  2. Arie

    22 February 2017 at 20:29

    Ada satu lagi, iPhone Taiwan. Kalau iPhone biasanya saat off di charge akan turn on, beda hal nya dg iphone taiwan. Iphone tidak akan on secara otomatis, namun justru keluar lambang baterai sedang di charging

    • Haha

      19 June 2017 at 05:27

      Itu replika bro hahaha

    • No name

      19 June 2017 at 05:49

      Untuk negara China juga ada bukan replika saja yang ada lambang baterai walau kita charger dalam keadaaan Off

    • Cent

      11 July 2017 at 12:19

      LoL yg bilang replika. Baru kenal iPhone mas??

  3. REFF STORE

    13 March 2017 at 23:46

    EA atau iPhone dr Uni Emirat fitur facetime dihilangkan

  4. Ade

    19 June 2017 at 10:22

    Iya iphone korea yg saya pakai bunyi shutter kameranya tidak bisa dihilangkan, dan suaranya saya rasa memang jauh lebih keras dibanding iphone yang biasa

  5. Wanz

    11 July 2017 at 14:19

    Apakah ada cara untuk menghilangkan bunyi untuk iphone dari jepang saat foto?

  6. Julio

    7 August 2017 at 10:50

    Apple Pay hanya untuk kode USA, UK, Canada, Jepang. Tapi tergantung providernya yang dipakai. Kalau provider lokal di negara bersangkutan, Apple Pay nya muncul bisa digunakan. Tapi kalau provider negara lain misal di Indonesia, gak bisa dipakai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top