News

Kupas Tuntas Format Kamera HEIF dan HEVC di iOS 11

Apple mengenalkan 2 format baru untuk dokumen multimedia di iOS 11. Yaitu High Efficiency Image File Format (HEIF) dan High Efficiency Video Coding (HEVC). Keduanya menjanjikan banyak hal menarik, salah satunya adalah ukuran file yang lebih kecil dari format sebelumnya namun tidak membuat kualitas turun. Berikut ini beberapa penjelasan penting mengenai HEIF dan HEVC yang perlu kamu tahun untuk iOS 11.

Apa Itu HEIF dan HEVC?

Pertama, format ini bukan buatan Apple. Baik HEIF dan HEVC adalah format yang dibuat oleh perusahaan Moving Picture Experts Group (MPEG) dan sudah berumur beberapa tahun. HEIF adalah standar format gambar yang digunakan Apple untuk menggantikan .JPG di iOS 11. Sedangkan HEVC digunakan untuk menggantikan .MOV yaitu konten video. Keduanya punya kelebihan berupa hemat kapasitas penyimpanan hingga 50% dengan kualitas foto atau video yang tidak berubah.

Pentingnya HEIF dan HEVC

Karena lebih hemat kapasitas penyimpanan hingga 50%, pengguna bisa mendapatkan ruang yang lebih banyak untuk menyimpan foto atau video namun tidak mengalami penurunan kualitas. Dengan penggunaan standar tersebut, kamu juga bisa mendapatkan kualitas video streaming dan video call yang lebih hemat data karena proses kirim atau terima dokumen format multimedia menjadi lebih sedikit.

Cara Mendapatkan Format HEIF dan HEVC

Di perangkat iOS 11, masuk ke Settings – Camera – Format. Ada tombol Automatic untuk mengirim dokumen gambar atau video dengan melakukan konversi terlebih dahulu ke format lama. Sedangkan tombol Keep Originals akan membuat kamu mendapatkan dokumen asli dengan standar HEIF dan HEVC saat memindahan foto serta video dari iOS 11 ke komputer Mac misalnya.


Baca Juga:


FaceTime Ternyata Sudah Menggunakan HEVC

Apple kabarnya sudah menggunakan format video HEVC untuk aplikasi FaceTime sejak perangkat iPhone 6. Dengan penggunaan format tersebut, setiap panggilan video yang kamu lakukan dapat memberikan penghematan paket data yang digunakan.

Pengguna bisa menerima panggilan video yang lebih jelas dan bersih walaupun menggunakan koneksi internet berkecepatan rendah. Dalam acara WWDC 2017 dengan tema High Efficiency Image File Format, Apple juga menjelaskan bahwa HEVC punya fitur deblocking filter untuk menghasilkan gambar lebih jelas dibanding format sebelumnya di koneksi internet lambat.

Adopsi HEIF dan HEVC Oleh Pengembang Aplikasi

Para pengembang aplikasi pihak ketiga dapat mulai menambahkan dukungan HEIF dan HEVC ke aplikasi buatannya mulai hari ini. Namun tentunya beberapa kendala dukungan harus dipikirkan oleh para pengembang aplikasi. Yaitu HEIF dan HEVC hanya dapat digunakan pada perangkat iOS 11 dan menggunakan CPU A9 atau yang lebih baru.

Masih ada beberapa penjelasan lain dari Apple untuk pengembangan HEIF dan HEVC di masa depan. Seperti format HDR10 untuk dokumen Video HDR di iPad Pro yang menggunakan basis format HEVC, aplikasi pengolah grafis di komputer Mac dengan dukungan yang sama serta penggunaan format tersebut di Apple TV. Kamu dapat menyimak video tersebut di tautan berikut ini.


Apple Resmi Umumkan iMac 2017 dan iMac Pro dengan Spek Kelas Atas

Gambar

    Source:

  • 9to5mac

1 Comment
To Top