News

Mengenal GrayKey, Alat untuk Jebol Passcode Lock iPhone Seharga 400 Juta


Masih ingat kasus penembakan di San Bernadino yang membuat pemerintah Amerika Serikat meminta Apple membuka iPhone milik pelakunya? Apple menolak hal tersebut karena menghargai privasi pengguna.

Namun tidak kalah akal, FBI kabarnya mendapatkan bantuan dari perusahaan bernama Cellebrite untuk mendapatkan data di dalam iPhone yang terkunci tersebut. Karena dilindungi oleh FBI, konon tidak ada yang tahu bagaimana Cellebrite mengambil data yang ada di dalam iPhone tersebut hingga sekarang atau nama tools yang digunakan.

Namun sebuah perusahaan peneliti keamanan bernama Grayshift punya cerita baru. Mereka menunjukkan sebuah alat bernama GrayKey yang dapat menjebol Passcode Lock perangkat iPhone. Alat ini bahkan secara terang-terangan dijual, namun hanya dapat dibeli oleh kantor penegak hukum atau lab penguji keamanan.

Dikutip dari laman MalwareBytes, mereka punya catatan detail mengenai GrayKey yang menarik untuk kamu simak. Pertama adalah bentuknya yang sangat kecil dan unik. Yaitu sebuah kotak dengan dimensi 4 x 4 x 2 inci dan 2 buah kabel lightning yang keluar dari salah satu sisinya. Ya, perangkat ini dapat menjebol Passcode Lock di 2 iPhone dalam sekali proses.


Baca Juga:


Cara Kerja GrayKey


Cara kerjanya adalah menghubungkan 1 hingga 2 iPhone ke port lightning dan tunggu beberapa menit. Setelah itu perangkat iPhone akan memutus koneksi dari GrayKey lalu menampilkan layar dengan warna hitam dan Passcode Lock serta beberapa informasi tambahan.

Proses unlock akan berjalan selama beberapa menit atau bahkan bisa beberapa hari. Untuk Passcode Lock dalam kode 6 digit angka, bisa memerlukan waktu hingga 3 hari. Sedangkan Passcode Lock yang menggunakan abjad atau kata, pastinya memerlukan waktu lebih lama lagi. Bahkan karena kecanggihan yang dimiliki, GrayKey bisa membuka perangkat iPhone yang sudah masuk mode Disabled dan sebelumnya hanya bisa kembali normal jika melakukan Restore via iTunes – data hilang.

Setelah perangkat berhasil terbuka, semua konten dan file system akan diunduh ke perangkat GrayKey. Pengguna bisa mengkases data tersebut lewat tampilan web yang menghubungkan Graykey ke komputer dan mengunduh data berupa analisa yang diperlukan. Bahkan data lengkap serta tidak terenkripsi (termasuk Keychain) di perangkat iOS juga bisa dilihat secara langsung.

Harga GrayKey?


GrayKey kabarnya dijual dalam 2 tipe dan harga berbeda. Yaitu $15.000 dan hanya bisa bekerja jika terhubung ke internet dan pada jaringan tertentu. Serta versi yang lebih mahal yaitu $30.000 yang bisa digunakan offline dan bisa digunakan kapan saja serta di mana saja. Versi offline akan memiliki keamanan tambahan two-factor authentication untuk setiap proses penggunaan.

Tidak ada batasan jumlah perangkat yang bisa dijebol kode kuncinya oleh GrayKey. Sepanjang Apple masih belum sadar atau belum menutup celah keamanan yang digunakan oleh GrayKey, alat ini pasti akan menjadi incaran para pakar keamanan atau pemerintah.


Awas, Passcode Lock Bisa Jadi Cara Ganti Password Apple ID!


Click to comment
To Top