Featured

Cara Mudah Mengatur Waktu Anak Bermain Game di iPhone & iPad

“Gimana sih caranya supaya si kecil gak kelamaan main game di iPad? Ada gak aplikasi untuk membuat timer penggunaan sebuah aplikasi?”

Pertanyaan ini pernah mampir ke dapur tim review MakeMac dan hari ini akan saya jawab dengan sebuah artikel tentang fitur Guided Access. Tidak perlu repot mengunduh, karena fitur ini diberikan oleh Apple dalam aplikasi Settings di iPhone atau iPad. Berikut ini ulasannya:

Mengenal Guided Access

Menurut laman Apple Support, Guided Acces adalah fitur untuk membatasi penggunaan iPhone atau iPad dalam sebuah aplikasi saja selama interval waktu yang ditentukan. Gak cuman itu, kamu juga bisa mengatur area mana saja yang tidak bisa digunakan selama Guided Acces aktif atau hal lainnya seperti menekan power button, volume, dan lain sebagainya.

Kali ini tim MakeMac akan membahas penggunaan fitur Guided Acces untuk memberikan batasan penggunaan sebuah game di iPhone atau iPad. Berikut ini langkahnya:

Tutorial Menggunakan Guided Access

  1. Aktifkan fitur ini dari aplikasi Settings > Accessibility > Guided Access.
  2. Nyalakan knob hijau di bagian tersebut lalu atur beberapa hal seperti Passcode Settings, Time Limits dan Accessibility Shorcut. Jika sudah selesai, silahkan tutup aplikasi Settings dan buka game atau aplikasi yang akan kamu uji coba.
  3. Di dalam aplikasi yang ingin menggunakan Guided Acces, silahkan tekan home button 3x untuk menampilkan pengaturan Guide Access. Jika layar perangkat iOS kamu sudah berubah seperti gambar di bawah, tekan menu Options.
  4. Atur beberapa hal yang dibutuhkan pada bagian tersebut, saya sih tetap menyalakan semuanya kecuali Sleep/Wake Button.
  5. Scroll agak ke bawah yaitu Time Limit. Atur waktu penggunaan aplikasi tersebut lalu akhir dengan menekan Done dan Start di tampilan utama.

Oke sekarang iPhone atau iPad kamu sudah menggunakan Guided Acces untuk memainkan sebuah aplikasi saja. Pengguna tidak dapat keluar dari aplikasi tersebut atau melakukan pengaturan yang sudah kamu non aktifkan.

Jika waktu yang diatur sudah habis, akan tampil jendela Time Expired seperti gambar di atas. Silahkan tekan home button 3x untuk menuju ke pengaturan dan memasukkan Passcode Settings – mengakhiri sesi Guided Access. Jika menur Guided Access kembali di tekan, perangkat iOS masih menyimpan pengaturan sebelumnya jadi kamu gak perlu repot lagi.

Sebagai catatan, di perangkat iPhone 5s iOS 8.1 Guided Acces mengalami sedikit masalah yaitu tidak menampilkan baris tombol Passcode secara lengkap (kurang satu baris vertikal paling kanan) . Saran saya gunakan kombinasi dari angka 1, 2, 4, 5, ya. Atau mungkin iPhone kamu tidak mengalami masalah ini? Bagikan di kolom komentar ya!


Baca Juga:

Akhir Kata

Hobi anak-anak bermain game di perangkat iOS memang menyenangkan dan banyak bermanfaat, tapi tentunya dengan waktu yang secukupnya. Sebelum kamu menggunakan Guided Access ini, saran saya beri pemahaman pada anak atau keponakan yang sering mengakses perangkat tersebut agar mereka dapat mengerti maksud baik kamu.

Selamat mencoba ya!

*Artikel ini adalah versi pembaruan dari Guided Acces iOS 6 yang ditulis oleh Sayz Lim


Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top