News

Berapa Skor Kemudahan Perbaikan iMac Pro Usai Dibedah iFixit?

iMac Pro adalah komputer Mac paling mahal yang pernah diciptakan Apple, dijual dengan harga mulai $4.999 (Rp 67 juta-an) di Amerika Serikat. Hal ini lantaran ia hadir dengan segudang fitur kelas atas.

Namun di balik jeroan mesinnya yang mumpuni, apakah iMac Pro sudah mulai dijual di Apple Store tersebut awal bulan ini mudah diperbaiki? Sayangnya tidak. Komputer Mac yang digadang-gadang paling bertenaga itu mendapatkan skor rendah untuk kemudahan perbaikannya.

Dalam pembedahan yang baru saja dilakukan perusahaan penyedia layanan perbaikan untuk produk Apple, iFixit, iMac Pro mendapatkan 3 poin dari 10 poin untuk tingkat kemudahan perbaikannya. 10 poin adalah skor untuk produk yang paling mudah diperbaiki.

Dari temuan iFixit, terdapat dua komponen utama iMac Pro yang bisa diupgrade atau diperbaiki yaitu RAM dan prosesor. Pasalnya kedua komponen tersebut memiliki desain modular.

Komponen penyimpanan internal berjenis SSD juga berdesain modular. Meski dapat diupgrade atau diperbaiki, komponen ini dibuat secara kustom oleh Apple sehingga penggantian disebutkan cukup sulit.

Selotip perekat iMac Pro disebutkan tidak terlalu sulit untuk dibuka. Hanya saja, kamu mesti menggantinya untuk untuk menyelesaikan perbaikan apapun. GPU milik iMac Pro juga disolder. Sehingga tidak memungkinkan untuk diganti meskipun ada solusi dengan menggunakan GPU eksternal via Thunderbolt 3.


Baca juga:


Beberapa hal yang menarik dari jeroan mesin iMac Pro adalah adanya kipas berjenis dual-blower dengan kapasitas 80 persen lebih besar buat mendinginkan prosesor dan GPU. Menariknya, kipasnya tidak berisik meskipun menjalankan tugas yang tidak ringan.

Untuk model dasar, iMac Pro dibekali dengan dua SSD dengan kapasitas sebesar 512GB. Sehingga totalnya adalah 1TB. Sedangkan prosesornya adalah Intel Xeon W–2140B yang disebutkan punya clock lebih rendah daripada W–2145 dengan alasan untuk meredam panas.

Komponen lainnya adalah controler Thunderbolt 3 dengan jumlah 2 buah buatan Intel, Satu controler menangani dua port Thunderbolt; controller kartu memori Genesys Logic SD 4.0, chip kustom T2 buat menangani fungsi SMC, ISP untuk kamera FaceTime, kontrol audio, dan enkripsi hardware.

[source site_name = “iFixit” site_url = “https://www.ifixit.com/Teardown/iMac+Pro+Teardown/101807?utm_content=buffer7033d&utm_medium=social&utm_source=twitter.com&utm_campaign=buffer”][/source]


Click to comment
To Top