How-To

Kupas Tuntas Fitur Close Friends di Instagram



Instagram beberapa waktu lalu mengenalkan fitur Favorite List dalam versi percobaan. Kini setelah rilis untuk pengguna umum, fitur tersebut diberi nama Close Friends. Di artikel ini tim MakeMac akan membahas beberapa hal penting mengenai fitur Close Friends yang wajib kamu tahu. Simak langsung infonya ya!

Kupas Tuntas Fitur Close Friends di Instagram

Arti Close Friends di Instagram

Sesuai dengan namanya, Close Friends artinya teman dekat. Dengan menggunakan fitur ini kamu bisa membagikan foto, video di tab home Instagram yang hanya dapat dilihat oleh teman dalam daftar Close Friends. Fitur ini juga sudah tersedia di mode Instagram Stories – membuat kamu lebih nyaman jika ingin berbagi beragam cerita kegiatan selama 24 jam dalam daftar teman dekat saja.

Langkah Awal, Membuat Daftar Close Friends

Untuk dapat menikmati fitur ini, tentunya kamu harus membuat daftar teman di mode Close Friends sebagai awalan. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat daftar Close Friends:

  1. Masuk ke Instagram, akses tab Profile yaitu di bagian paling kanan bawah.
  2. Setelah itu tekan bagian Close Friends yaitu ikon bulat dengan tanda bintang di bagian dalam. Tekan Edit Your Close Friend List.
  3. Silakan pilih daftar teman yang ingin kamu tambahkan di bagian Close Friends dari tampilan Close Friends List. Tekan tombol Add atau gunakan fitur pencarian dari daftar teman yang kamu ikuti di Instagram. Sebagai catatan, Instagram tidak akan mengirimkan notifikasi kepada orang tersebut setiap kamu mengedit daftar Close Friends.

Berbagi Foto dan Video Hanya Kepada Close Friends

Setelah menetapkan daftar teman dekat di Instagram, saatnya mencoba untuk berbagi foto dan video lewat bagian Home di Instagram dengan batasan Close Friends. Sama saja dengan cara untuk berbagi foto dan video yang selama ini kamu kenal, bedanya adalah pada langkah akhir sebelum menekan tombol Share. Yaitu aktifkan tombol Share With Close Friends.

Dengan cara tersebut, foto atau video yang kamu bagikan tetap tampil di bagian Home di Instagram, namun ada tanda Close Friends pada pojok kanan atas. Itu artinya konten tersebut hanya bisa dilihat oleh kamu dan daftar teman di bagian Close Friends yang tadi sudah kita atur terlebih dahulu. Selain cara di atas, kamu juga bisa melihat daftar foto dan video yang sudah dibagikan lewat tab Close Friends di bagian Profile ya.

Instagram Stories Khusus untuk Close Friends

Bagi kamu yang lebih suka berbagi cerita di Instagram lewat fitur Instagram Stories, fitur Close Friends juga dapat kamu gunakan di sini. Silakan rekam gambar, video atau ambil dari Camera Roll lalu bagikan di Instagram Stories. Langkah terakhir gunakan tombol Close Friends di bagian kanan bawah yang berwarna hijau untuk membagikan konten tersebut.

Setelah itu konten Instagram Stories yang kamu bagikan hanya dapat dilihat oleh daftar teman di bagian Close Friends yang sebelumnya sudah diatur. Lingkaran warna hijau dan keterangan Close Friends juga hadir di mode putar konten tersebut saat ditonton oleh teman kamu yang sudah dipilih ya.


Baca Juga:


Catatan Tambahan

Berikut ini beberapa catatan tambahan mengenai fitur Close Friends yang wajib kamu tahu:

  • Daftar Close Friends bersifat rahasia, tidak ada pengguna lain yang bisa melihatnya dari tampilan akun kamu. Bahkan sesama teman yang ada di daftar ini juga tidak bisa saling mengetahui bahwa mereka ada di daftar yang kamu buat kecuali mereka meninggalkan Like atau Comment.
  • Daftar Close Friends bersifat searah. Ambil contoh kamu memasukkan teman bernama A ke daftar Close Friends dan dia akan melihat konten Close Friends yang kamu bagikan. Tetapi A bisa saja membuat daftar Close Friends yang tidak melibatkan kamu, sehingga konten tersebut tidak dapat kamu lihat.
  • Semua pengaturan standar seperti edit gambar, video, Archive dan mematikan komentar juga berlaku di konten yang kamu bagikan lewat Close Friends.

Saya pribadi menggunakan Close Friends untuk membuat katalog album foto pribadi atau mungkin melihat tampilan dari konten foto atua video sebelum dibagikan pada Followers di Instagram @MakeMac misalnya. Terutama untuk konten foto yang membutuhkan tone warna seragam dengan foto sebelumnya atau mungkin foto dengan mode bersambung ke frame di sebelahnya. Selamat mencoba fitur Close Friends ya!

Download Instagram · Harga: Gratis


Cara Menambahkan Link Website di Instagram Stories

Gambar
8 Comments
  • Arya

    Min, ini belum tersedia untuk semua user ya? Di account saya belum kebagian updatenya :(

    • Bagus

      Iya kak aku juga sama kenapa ya.. aku ada 2 akun yg satu aku ku bisa buat close friend yg akun asli ku gak bisa malah

    • Gilang Pradana

      Iya punyaku juga gaada eh, padahal aku yang satunya ada -_-

    • baron

      sama saya juga min. punya 2 akun, 1 ada icon close friend nya 1 gaada

    • Angga raksa

      Bisa, harus connect ke fb dulu, mungkin akun kamu yg satunya sudah connect fb

    • Victoria Tabitha

      punya aku udh di connect ke fb kok, tp knp ttp aja gabisa ya?

  • Indra

    Min tampilan instagram saya belum berubah padahal sudah saya update ke versi terbaru. Kenapa ya?

  • gadis

    akun ku juga gak bisa edit close friends, lebih tepatnya gak ada fitur tsb. kenapa ya kira2?

To Top