News

Instagram dan Snapchat Hapus Fitur GIF, Apa Sebabnya?


Instagram dan Snapchat sejak awal tahun ini memberikan fitur stikcer GIF yang bekerjasama dengan GIPHY. Namun beberapa hari ini, fitur tersebut menghilang dan disadari oleh banyak pengguna. Menurut laman Tech Crunch, Instagram dan Snapchat menemukan laporan dari pengguna seputar fitur GIF yang menampilkan konten rasis. Salah satu pengguna yang melaporkan mengenai hal ini adalah Lyauna Augmon lewat sosial media Twitter.

Kejadian ini membuat Instagram mengambil tindakan keras. Menurut juru bicara Instagram, pelanggaran konten (mengandung umpatan dan rasisme) tidak layak untuk tampil di Instagram. Mereka secara cepat memutuskan untuk berhenti melakukan integrasi dengan GIPHY.

“This type of content has no place on Instagram. We have stopped our integration with Giphy as they investigate the issue.”

Pihak Snapchat juga memberikan keterangan yang kurang lebih sama. Yaitu menghapus integrasi GIPHY sejak beritanya viral. Mereka akan memastikan pelanggaran tersebut tidak akan terjadi lagi, sebelum mengambil keputusan untuk kembali bekerjasama dengan GIPHY.


Baca Juga:


Bug System di Mesin Filter Konten GIPHY

Pihak GIPHY akhirnya juga memberikan penjelasan mengenai masalah yang terjadi. Mereka telah melakukan investigasi untuk laporan tersebut dan resmi menghapus konten yang mengarah pada rasisme.

Sebetulnya GIPHY juga punya sistem untuk melakukan filterisasi setiap konten GIF yang ada di layanan mereka. Namun kabarnya filter moderisasi konten ini mengalami sebuah bug system atau kendala.

Kini GIPHY sudah memperbaiki masalah tersebut dan memindai ulang semua kontennya untuk mencegah terjadi hal yang sama. Mereka juga meminta maaf untuk permasalahan tersebut dan berjanji untuk membentuk sistem dan tim review GIF yang lebih baik.

Hingga artikel ini tim MakeMac bagikan, belum ada berita yang menjelaskan apakah Instagram dan Snapchat akan kembali bekerjasama dengan GIPHY, ganti rekanan atau tidak akan menggunakan fitur GIF lagi. Bagaimana pendapat kamu?


3 Cara Screenshot Instagram Stories Tanpa Ketahuan

[source site_name = “Tech Crunch” site_url = “https://techcrunch.com/2018/03/09/snapchat-racist-gif/”][/source]


Click to comment
To Top