News

Update iOS 11.2 Beta 3 Jelaskan Akses Wi-Fi dan Bluetooth Lewat Control Center


Update iOS 11 punya tampilan Control Center baru yang pastinya sudah kamu coba. Di Control Center tersebut, tombol Wi-Fi dan Bluetooth bekerja dengan cara yang berbeda alias tidak bisa mematikan 2 koneksi nirkabel ini secara total. Kamu hanya bisa membuatnya dalam mode tidak terhubung alias Disconnect. Kini di iOS 11.2 Beta 3, Apple memberikan informasi yang lebih jelas mengenai fitur tersebut dengan bentuk jendela pemberitahuan saat pertama kali menggunakan iOS 11.2 Beta 3.

Dari hasil percobaan tim MakeMac, warna ikon Wi-Fi dan Bluetooth juga tampil berbeda dibandingkan sebelumnya. Kini saat kamu menekan tombol Wi-Fi dan Bluetooth yang sedang terhubung (warna biru), tampilannya akan berubah menjadi warna putih dan tulisan Not Connected. Hal ini menjadi cara paling mudah untuk membedakannya dengan kondisi sudah sepenuhnya dimatikan (transparan dan tanda silang), hanya bisa diakses lewat Settings.


Dapat kamu lihat pada gambar di atas, jendela pemberitahuan untuk mode tidak terhubung di Wi-Fi dan Bluetooth punya penjelasan singkat dan tidak lagi membuat pengguna bingung. Yaitu mode Wi-Fi dan Bluetooth yang ada dalam mode tidak terhubung, akan kembali otomatis tersambung di esok hari. Kamu juga bisa tetap menggunakan Wi-Fi dan Bluetooth pada beberapa fitur lain saat sedang tidak terhubung. Mulai dari AirDrop, Personal Hotspot dan catatan lokasi untuk Wi-Fi. Sedangkan mode Bluetooth, tetap dapat berjalan dan digunakan ke Apple Watch, Apple Pencil, Personal Hotspot dan Handoff ketika kamu menggunakan mode tidak terhubung. Penjelasan lengkapnya dapat kamu baca di artikel sebelumnya yaitu memahami cara kerja tombol Wi-Fi dan Bluetooth iOS 11.


Baca Juga:


Menurut pendapat saya, Apple menggunakan sistem baru ini untuk memberikan kemudahan akses beragam fitur di iOS 11 tanpa perlu repot lagi dalam mengelola tombol Wi-Fi dan Bluetooth. Kapan saja saat kamu ingin menggunakan AirDrop atau mengambil Apple Pencil lalu mulai menggambar, kegiatan tersebut tidak perlu diawali lagi dengan masuk ke Settings untuk melakukan koneksi perangkat nirkabel. Namun di balik kemudahan tersebut, banyak pengguna yang mengeluh bahwa Wi-Fi dan Bluetooth yang selalu aktif di iOS 11 dapat membuat penggunaan baterai menjadi lebih boros. Saya pribadi tidak pernah melakukan pengukuran secara detail mengenai hal tersebut.

Bagaimana pendapat kamu mengenai penjelasan tambahan dari Apple untuk Wi-Fi dan Bluetooth di iOS 11.2 Beta 3? Apakah bisa membuat fitur ini semakin mudah diterima oleh pengguna iOS 11? Atau tetap ingin mendapatkan fitur mematikan Wi-Fi dan Bluetooth lewat Control Center secara penuh? Bagikan di kolom komentar ya!


Memahami Cara Kerja Tombol Wi-Fi dan Bluetooth di Control Center iOS 11


Click to comment
To Top