News

(iOS 12) Apple Fokus Perbaikan Bug System, Rilis Fitur Penting 2 Tahun Sekali


Update iOS selalu hadir di musim gugur atau sekitar bulan September setiap tahunnya. Jika selama ini Apple berfokus pada banyaknya fitur baru, tahun ini hal tersebut akan dikurangi. Dikutip dari laman Bloomberg, Mark Gurman punya banyak bocoran menarik untuk update iOS 12.

Sesuai dengan catatan sebelumnya, beberapa fitur baru yang akan hadir di iOS 12 adalah mode 1 aplikasi yang bisa berjalan di iOS dan macOS, Digital Health untuk memantau kesehatan anggota keluarga, peningkatan Animoji dan rumor iPad dengan Face ID. Ada juga laporan yang menyebutkan bahwa Apple akan mengubah beberapa fitur di iPad, salah satunya adalah mode import gambar.

Sedangkan fitur yang ditunda kehadirannya untuk tahun ini adalah wajah baru untuk Homescreen di iPad, iPhone dan CarPlay. Perubahan aplikasi foto juga tidak akan hadir pada tahun 2018 ini, ditunda menjadi tahun 2019. Apa alasan Apple untuk menunda beragam hal baru yang sebetulnya sangat menarik? Jawabannya adalah perbaikan masalah penting yang sudah lama tertunda.


Baca Juga:


Pekerjaan Utama di Tahun 2018, Membereskan Beragam Bug System

Apple punya banyak pekerjaan utama yang harus dibereskan pada iOS 12. Yaitu menambal beragam bug system serta memperbaiki performa sistem operasi yang dianggap kurang optimal pada iOS 11.

Dalam laman sumber berita dijelaskan, pada insinyur di Apple tidak lagi mendapatkan tugas tanpa henti sepanjang tahun untuk mempersiapkan banyak fitur baru dalam sekali update. Apple akan mulai berpusat pada rencana pembaharuan dua tahun sekali untuk sistem operasi di iPhone dan iPad. Tim pengembangan iOS juga diharapkan dapat lebih fokus dan berhati-hati dalam merilis fitur baru.

Laporan yang ditulis Mark Gurman juga menyebutkan, Craig Federighi (SVP of Software Engineering) sudah memerintahkan hal tersebut untuk para pekerjanya sejak bulan lalu. Dengan mengubah fokus tersebut, tim pengembang iOS bisa punya banyak waktu untuk mengerjakan fitur baru dan fokus, tanpa terikat pada daftar fitur baru yang banyak dan harus rilis setiap tahun. Fokus baru ini diciptakan untuk memastikan Apple dapat memenuji janji yang dibuat untuk selalu menghaidrkan WWDC setiap tahunnya dan fitur baru bisa bekerja dengan maksimal.

“This change is Apple beginning to realize that schedules are not being hit, stuff is being released with bugs – which previously would not have happened,”

Memang patut diakui, Apple punya banyak kekurangan di iOS 11 dan macOS High Sierra untuk tahun lalu. Mulai dari daftar fitur yang harus dirilis terlambat (Apple Pay Cash misalnya) dan keamanan yang rentan terhadap bug system serta masalah pada baterai di perangkat iPhone lawas. Semoga dengan perubahan yang direncanakan ini, Apple bisa lebih siap lagi dalam merilis setiap sistem operasi baru.

Bagaimana tanggapan kamu mengenai berita ini? Apakah setuju jika Apple harus berbenah dalam hal merilis sistem operasi dan mengurangi hal baru yang harus diberikan setiap tahunnya? Bagikan di kolom komentar ya!


Apple Tunda Beragam Fitur Baru di iOS 12, Kejar Perbaikan dan Stabilitas

[source site_name = “Bloomberg” site_url = “https://www.bloomberg.com/news/articles/2018-02-12/how-apple-plans-to-root-out-bugs-revamp-iphone-software”][/source]


Click to comment
To Top