News

iOS 12 Simpan Fitur USB Restricted Mode, Cegah Alat Jebol Passcode Lock ‘GrayKey’

Apple menjelaskan bahwa iOS 12 punya banyak peningkatan seputar performa dan masih memberikan dukungan untuk perangkat lawas seperti iPhone 5s. Namun di sisi lain, Apple juga memberikan tambahan keamanan yang sangat penting untuk iOS 12. Yaitu fitur USB Restricted Mode yang sebelumnya sempat tim MakeMac beritakan.

Pengaturan USB Restricted Mode akan mewajibkan kamu membuka kuncian Lockscreen dari perangkat iOS agar dapat memperoleh akses ke aksesoris dengan konektor USB, maksimal 1 jam setelah perangkat dikunci.

Unlock iPhone to allow USB accessories to connect when it has more than hour since your iPhone was locked.


Baca Juga:


Jadi artinya ketika perangkat iOS 12 yang kamu gunakan sedang dalam mode kuncian Lockscreen dan sudah berlangsung lebih dari satu jam, pengguna wajib membuka Lockscreen dengan Passcode Lock, Touch ID atau Face ID untuk dapat menggunakan aksesoris USB. Seperti menghubungkan perangkat iPhone ke iTunes untuk backup, akses Flash Drive dengan koneksi port Lightning atau beberapa aksesoris lainnya. Jika tidak bisa membuka kuncian, port Lightning di perangkat iOS hanya akan berfungsi dalam mode charging alias memblokir koneksi data.

Dengan peningkatan keamanan ini, Apple tampaknya berusaha untuk menjegal penggunaan perangkat penjebol Passcode Lock, ‘GrayKey’. Ya, karena GrayKey termasuk perangkat yang menggunakan fitur USB Accessories. Biasanya pihak penyidik keamanan akan memperoleh iPhone dalam kasus yang perlu melakukan penjebolan passcode dalam beberapa hari. Jika iPhone yang akan dijebol sudah mengaktifkan fitur ini, mustinya akses USB Accessories via GrayKey tidak dapat dilakukan.

Bagaimana cara mengaktifkan USB Restricted Mode di iOS 12? Silakan masuk ke Settings – Touch ID & Passcode Lock – USB Accessories – ON. Penjelasan di bagian bawah fitur ini juga akan memberikan keterangan yang sesuai dengan tombol ON/OFF ya.


Daftar Perangkat iPhone, iPad dan iPod Touch yang Mendukung iOS 12


Click to comment
To Top