News

iPhone 7, Smartphone Paling Laris di Dunia di Kuartal 3 2017

iPhone 7 dan iPhone 6s besutan Apple tercatat berhasil merajai posisi puncak daftar smartphone paling laris di dunia selama kuartal 3 2017 lalu. Firma riset pasar Canalys membeberkan fakta tersebut dalam laporan terbarunya.

Menurut Canalys, penjualan iPhone 7 menguat di kuartal 3 2017 lantaran harganya sudah diturunkan Apple pada September lalu. Begitu juga dengan model iPhone lama, iPhone 6s dan iPhone SE, mengalami penguatan penjualan.

Berdasarkan data dari Canalys, iPhone 7 berada di posisi pertama dengan jumlah pengapalan sebanyak 13 juta unit selama periode tersebut. Sedangkan posisi kedua direbut iPhone 6s dengan jumlah pengapalan 7,9 juta unit.

Sementara itu, iPhone 8 bahkan tidak masuk urutan dalam daftar lima besar. Dengan kata lain, performa penjualan iPhone baru yang diluncurkan 22 September lalu itu kurang begitu bagus. Pasalnya posisi 3–5 dipegang smartphone pesaingnya.

Posisi 3 direbut Samsung Galaxy J2 Prime dengan pengapalan 7,8 juta unit. Sedangkan posisi 4 dan 5 dikuasai Oppo A57 dan Oppo R11. Pengapalan smartphone Android dari Oppo itu masing-masing 7,8 juta dan 7,2 juta unit selama periode yang sama.

Penjualan iPhone 8 dan iPhone 8 Plus sebenarnya tidak rendah-rendah amat. Jika digabungkan pengapalannya mencapai 11,8 juta unit. Secara rinci, iPhone 8 dikapalkan sebanyak 5,4 juta unit dan iPhone 8 Plus di angka 6,3 juta unit.


Baca juga:


Bisa kamu lihat dalam data, iPhone 8 Plus yang punya layar 5,5 inci menjadi model yang lebih populer dibandingkan dengan iPhone 8 biasa dengan layar 4,7 inci. Hal ini mengindikasikan, konsumen lebih menyukai iPhone dengan layar jumbo.

Laporan dari Canalys mendukung temuan dalam survey yang diadakan operator di AS sebelumnya. Saat itu, penjualan iPhone 8 disebutkan kalah banyak dibandingkan dengan iPhone 7. Penjualan iPhone 8 dari operator AT&T tercatat hanya 900 ribu unit.

Salah penyebab kurang populernya iPhone 8 adalah harga yang lebih mahal daripada iPhone 7. Sehingga konsumen lebih memilih model iPhone yang diluncurkan tahun lalu tersebut. Faktor kedua adalah iPhone 8 masih punya desain mirip seperti sebelumnya dan tidak membawa fitur yang signifikan.


Click to comment
To Top