News

iPhone 8 & iPhone X Tak Butuh Fitur Manajemen Baterai, Apa Alasannya?

Apple berencana merilis update iOS berisi fitur untuk mematikan manajemen baterai yang membikin performa sejumlah model iPhone lama lambat. Pertanyaan pun muncul, apakah Apple juga berencana merilis fitur yang sama untuk model terbaru seperti iPhone 8, iPhone 8 Plus, dan iPhone X?

Hal itu ditanyakan langsung Ketua Senate Committee on Commerce, Science, and Transportation, John Thune, kepada Apple dalam surat yang dilayangkannya pada Januari lalu soal performa dan baterai iPhone. Kini, Apple sudah membalas surat tersebut.

Dalam surat yang ditandatangani VP of Public Policy Cynthia Hogan seperti dilansir Business Insider, Apple mengatakan semua model iPhone memiliki manajemen performa dasar yang dibutuhkan untuk keamanan dan fungsi yang diharapkan, namun tidak bisa dimatikan.

Lebih lanjut, mereka mengatakan iPhone terbaru, seperti iPhone 8, iPhone 8 Plus, dan iPhone X, sudah mencakup update hardware yang memiliki sistem manajemen kinerja lebih canggih yang memungkinkan iOS mengantisipasi dan mencegah perangkat mati tiba-tiba.

iPhone 8, iPhone 8 Plus, and iPhone X models include hardware updates that allow a more advanced performance management system that more precisely allows iOS to anticipate and avoid an unexpected shutdown.

Tentu saja pernyataan Apple itu berbeda dari sebelumnya. Akhir Desember lalu, mereka mengakui sengaja memperlambat iPhone lama lantaran ada hubungannya dengan usia baterai yang menua. Meski begitu, ada indikasi bahwa iPhone terbaru tidak membutuhkan fitur manajemen baterai karena hardware-nya sudah mencakup hal itu.


Baca juga:


Masih dalam suratnya, Apple mengakui merilis manajemen baterai untuk mencegah perangkat mati tidak terduga dalam update iOS 10.2.1 untuk iPhone 6, iPhone 6 Plus, iPhone 6s, iPhone 6s Plus, dan iPhone SE pada Januari 2017 lalu.

Namun Apple baru merilis pemberitahuan kepada pengguna soal manajemen baterai tersebut pada bulan berikutnya. Mereka mengatakan, update iOS tersebut sangat efektif dalam mencegah iPhone mati tiba-tiba saat menjalankan tugas berat.

“Once we verified that the feature was effective in avoiding unexpected shutdowns, we updated the iOS 10.2.1 ReadMe notes in February, 2017. Specifically, the iOS 10.2.1 ReadMe notes said that this update ‘also improves power management during peak workloads to avoid unexpected shutdowns on iPhone.”

Apple sendiri sudah mulai menggulirkan update iOS 11.3 beta 2 buat para pengembang beberapa saat lalu berisi fitur baru untuk memantau kesehatan baterai dan juga menonaktifkan fitur manajemen baterai apabila kamu yakin tidak membutuhkannya.

[source site_name = “Business Insider” site_url = “http://www.businessinsider.sg/apple-explains-iphone-batterygate-in-letter-to-congress-2018-2/?r=US&IR=T”][/source]


Click to comment
To Top