News

Layar OLED di iPhone X Lebih Hemat Baterai Jika Menggunakan ‘Dark Mode’


Layar iPhone X yang menggunakan teknologi OLED masih punya banyak bahasan menarik untuk kamu simak. Berita terbaru dari Apple Insider termasuk salah satunya, yaitu ujicoba mode hemat baterai di layar iPhone X yang menggunakan tampilan ‘Dark Mode’ (Smart Invert Color). Dari hasil percobaan yang mereka lakukan, iPhone X bisa lebih hemat baterai hingga 60% jika menggunakan Smart Invert Color dibandingkan cara biasa.

Klik tautan ini jika video di atas tidak muncul.

Dapat kamu lihat pada video di atas, tim Apple Insider melakukan banyak percobaan untuk layar OLED di iPhone X. Salah satu percobaan yang paling menarik adalah akses laman Reddit dengan mode biasa di iPhone X melawan akses laman Reddit dengan Smart Invert Color di iPhone X yang sama.

Hasilnya sangat jauh berbeda! Setelah 3 jam penggunaan, baterai di iPhone X dalam mode biasa hanya tersisa 28%. Sedangkan pada iPhone X yang menggunakan Smart Invert Color, baterai yang tersisa masih sangat banyak yaitu 85%. Tim Apple Insider juga menjelaskan alasan memilih laman Reddit sebagai percobaan. Yaitu tampilan utama Reddit yang menggunaan warna putih dan mode Smart Invert Color yang akan mengubahnya menjadi hitam secara lebih maksimal dan hemat baterai hingga 58%.


Baca Juga:


Pengujian lainnya adalah menggunakan gambar latar belakang hitam melawan latar belakang penuh warna – keduanya tidak menggunakan Smart Invert Color. Hasilnya tidak jauh berbeda, terjadi penghematan meskipun hanya di angka 16% saja.

Warna hitam di layar OLED memang membuat penggunaan baterai lebih hemat. Hal ini bisa terjadi karena konsumsi baterai untuk pixel warna hitam di layar OLED hampir sama dengan mematikan layar alias jauh lebih hemat dibandingkan beragam warna lain. Mode Smart Inver Color yang bekerja dengan cara membalik warna hitam menjadi putih namun tidak mempengaruhi gambar atau aplikasi yang mendukung, bisa menjadi cara tercepat untuk mendapatkan baterai lebih hemat dalam waktu singkat.


15 Gesture dan Kombinasi Tombol di iPhone X


Click to comment
To Top