Featured

Selamat Datang iPhone Xs dan iPhone Xs Max: CPU A12 Bionic, Layar Besar, Dual SIM dan Kamera Canggih

Apple resmi mengenalkan iPhone Xs dan iPhone Xs Max di acara Apple Event “Gather round”. Produk penerus dari iPhone X ini punya serangkaian teknologi baru yang revolusioner. Beberapa catatan yang harus kamu tahu mengenai iPhone Xs dan iPhone Xs Max adalah ukuran layar besar yaitu 5.8 inci dan 6.5 inci, CPU Apple A12 Bionic, warna Gold, teknologi Dual SIM dan beragam lainnya.

Berikut ini catatan lengkapnya dari Apple untuk produk iPhone Xs dan iPhone Xs Max.

Bodi iPhone Xs dan iPhone Xs Max

Apple menggunakan bahan stainless steel standar medis untuk bahan iPhone Xs dan iPhone Xs Max yang memiliki 3 pilihan warna. Yaitu Gold, Silver dan Space Gray. Desain bagian belakang masih menggunakan kaca yang membuatnya mendukung Wireless Charging dan diklaim lebih cepat dibandingkan yang ada di iPhone X.

Sedangkan untuk kemampuan tahan air, iPhone Xs dan iPhone Xs Max menggunakan standar IP68. Yaitu standar tahan air untuk kedalamam 2 meter dan waktu 30 menit. Apple juga sudah melakukan beragam pengujian untuk kejadian cipratan air, kopi, teh dan soda terhadap iPhone Xs dan iPhone Xs Max.

Lanjut ke teknologi layar ya. iPhone Xs dan iPhone Xs Max menggunakan layar OLED dengan teknologi Super Retina Display. Teknologi lain yang juga diberikan pada layar ini adalah Dolby Vision dan HDR10 untuk menjamin akurasi warna yang tampil.

Desain khusus dari OLED di iPhone Xs (2436 x 1125 piksel, 458 ppi) dan iPhone Xs Max (2688 x 1242 piksel, 458 ppi) juga dapat menampilkan warna hitam yang lebih pekat dan menghasilkan dynamic range tampilan gambar HDR hingga 60% lebih baik.

Meskipun memiliki ukuran layar yang besar yaitu 5.8 inci (iPhone Xs) dan 6.5 inci (iPhone Xs Max), keduanya tetap mudah digunakan. Hal ini dapat dilakukan karena bentuk layar penuh yang menjadikan ukuran iPhone Xs dan iPhone Xs Max tidak berbeda jauh dengan produk iPhone 8 Plus yang selama ini kamu kenal.

CPU Apple A12 Bionic

Setiap iPhone baru selalu hadir dengan CPU baru. Kali ini Apple menggunakan nama CPU Apple A12 Bionic yang menggunakan arsitektur 7-nanometer chip – paling kecil di semua jenis smartphone yang pernah ada.

Konfigurasi Core yang digunakan adalah 6 CPU Core dan 4 GPU Core. Lebih lengkapnya lagi, 2 CPU Core dengan tipe Performance atau mengerjakan beragam komputasi berat yang diklaim 15% lebih kencang dibandingkan CPU sebelumnya. Sedangkan 4 CPU Core lainnya menggunakan mode efisien atau hemat daya dan diklaim 50% lebih hemat.

Untuk 4 GPU Core yang digunakan, Apple mengklaim bahwa performanya bisa 50% lebih cepat. Teknologi lain yang ada di CPU Apple A12 adalah Image Signal Processor (ISP) untuk proses gambar dan video serta Neural Engine 8 Core.

Dengan teknologi tersebut, proses yang bisa dilakukan dapat mencapai 5 triliun operasi per detik. Jauh meningkat dari teknologi sebelumnya yaitu 600 miliar per detik untuk CPU Apple A11 Bionic.

Dengan kecepatan tersebut, pengembang aplikasi dapat menggunakan teknologi real-time machine learning yang ditunjang oleh Core ML. Apple juga menjelaskan bahwa Core ML di Apple A12 Bionic kini bisa berjalan 9x lebih kencang, namun hanya memerlukan 10% energi alias sangat hemat baterai.

Teknologi Baru untuk Kamera

Perangkat iPhone Xs dan iPhone Xs Max menggunakan kamera ganda di bagian belakang. Teknologi baru yang diberikan adalah Smart HDR untuk mengambil gambar HDR dengan bantuan Neural Engine dan ISP.

Berikutnya ada Depth Control yang dapat membantu kamu mengambil gambar Bokeh dengan lebih baik. Yaitu mode pengaturan dari depth of field secara real time atau setelah foto diambil. Pengguna bisa mengatur angka depth of field atau aperture dari foto yang sudah dibuat, apakah ingin membuatnya sangat bokeh dengan aperture besar atau melihat objek sekitarnya dengan tetap fokus di f kecil.

Teknologi Depth Control bekerja dengan kamera depan dan kamera belakang dari iPhone Xs dan iPhone Xs Max. Kamu juga bisa menggunakan teknologi ini di mode Memoji serta aplikasi pihak ketiga yang menggunakan ARKit.

Mode Video

Kamera belakang di iPhone Xs dan iPhone Xs Max mampu merekam video hingga format 4K dalam mode 24 fps, 30 fps atau 60 fps. Bagian baru yang paling menarik dari iPhone Xs dan iPhone Xs Max untuk mode video adalah 4 mikrofon yang digunakan. Pengguna dapat merekam video dan suara dalam format Stereo Recording yang dapat memanjakan telinga.

Face ID dan Dual Sim

Perangkat iPhone Xs dan iPhone Xs Max menggunakan Face ID yang diklaim punya algoritma baru dan bisa mengenali wajah secara lebih cepat.

Teknologi ini dapat kamu gunakan untuk keamanan di mode Lockscreen, login di akun atau aplikasi, pembayaran di Apple Pay serta beberapa fitur yang memerlukan otentifikasi pengguna dengan tatapan ke layar.

Hal lain yang sangat menarik dari iPhone Xs dan iPhone Xs Max adalah dukungan mode LTE standar Gigabit yang super kencang dan mode Dual SIM. Khusus untuk Dual SIM, Apple menggunakan format Nano SIM dan Digital eSIM untuk negara yang sudah mendukung. Sedangkan iPhone Xs dan iPhone Xs Max yang dijual di pasaran Tiongkok, akan hadir dengan format dual SIM fisik.

Teknologi Dual SIM dengan menggunakan Nano SIM dan eSIM di perangkat iPhone Xs dan iPhone Xs Max baru akan tersedia dalam waktu beberapa bulan lagi lewat Software Update.

Harga dan Ketersediaan

Perangkat iPhone Xs dan iPhone Xs Max dapat dipesan mulai 14 September di Apple Online Store dan dibeli secara umum tanggal 21 September 2018 di lebih dari 30 negara. Berikut ini daftar negara yang mendukung penjualan iPhone Xs dan iPhone Xs Max di gelombang pertama:

Australia, Austria, Belgia, Kanada, China, Denmark, Finlandia, Prancis, Jerman, Guernsey, Hong Kong, Irlandia, Isle of Man, Italia, Jepang, Jersey, Luksemburg, Meksiko, Belanda, Selandia Baru, Norwegia, Portugal, Puerto Riko , Arab Saudi, Singapura, Spanyol, Swedia, Swiss, Taiwan, UEA, Inggris, Kepulauan Virgin AS dan AS.

Berikut ini harga iPhone Xs dan iPhone Xs Max:

  • iPhone Xs 64GB: $999
  • iPhone Xs 256GB: $1149
  • iPhone Xs 512GB: $1349
  • iPhone Xs Max 64GB: $1099
  • iPhone Xs Max 256GB: $1249
  • iPhone Xs Max 512GB: $1499

Sayangnya Indonesia belum masuk di daftar negara yang akan menjual iPhone Xs dan iPhone Xs Max dalam gelombang pertama atau kedua. Begitu pula dengan teknologi eSIM, masih belum dapat digunakan di tanah air.

Apakah kamu berminat membeli iPhone Xs atau iPhone Xs Max? Bagikan di kolom komentar ya!


Apple Merilis iPhone Xr dengan Liquid Retina Display, 6 Warna dan Face ID


Click to comment
To Top