Featured

Selamat Ulang Tahun ke-15, iPod!

23 Oktober 2001 adalah hari bersejarah bagi indusri musik digital di dunia. Steve Jobs resmi merilis iPod, perangkat pemutar musik dengan ukurang ringkat, kapasitas penyimpanan hingga 10000 lagu dan playback time 10 jam dengan harga $399.

Meskipun di era awalnya dianggap terlalu mahal, teknologi yang digunakan pada iPod terus berkembang. Jika di seri awal masih menggunakan mechanical scroll wheel, tahun berikutnya keluar iPod generasi 2 dengan kapasitas 2 kali lebih besar yaitu 10GB dan 20GB, tombol baru dan juga mendukung sistem operasi Windows. Berlanjut ke tahun 2003, Apple resmi merilis iTunes Music Store, sebuah toko musik digital yang menjual lagu secara satuan, dimulai dengan harga $0.99.

Tingkat Penjualan iPod dan Inovasi yang Diberikan

Pada tahun 2003, Apple kabarnya telah menjual 1 juta iPod di dunia. Di tahun 2004 menyentuh angka 10 juta unit, tahun 2015 dengan angkat 42 juta unit. Di laporan terakhir yang mereka rilis yaitu 1 September 2010, sudah ada 275 juta iPod yang terjual di dunia. Setelah tahun tersebut tidak ada lagi pengumuman mengenai penjualan iPod, Apple mulai fokus pada perangkat iPhone dan iPad.

Apple terus melanjutkan pengembangan iPod dengan merilis beberapa versi. Mulai dari iPod Mini, iPod Shuffle, iPod Nano dan iPod Touch yang menggunakan sistem operasi iOS. Kini di website Apple.com hanya tersisa 3 jenis iPod saja yang dijual yaitu iPod Shuffle, iPod Nano dan iPod Touch. Semenjak kehadiran Apple Music, rasanya iPod semakin menjadi bagian yang ditinggalkan oleh Apple, namun jajaran produk ini tetap masih dapat kamu temui jika datang ke Apple Store.


Baca Juga:

Berapa Lama Lagi Usia iPod?

Rasanya iPod sudah masuk di usia senja, terutama generasi iPod Nano dan iPod Shuffle. Lihat saja, kapan terakhir Apple memberikan versi baru untuk keduanya, seingat saya sudah lebih dari 2 tahun lalu. Ditambah lagi dengan kehadiran Apple Music yang membuat kedua perangkat ini tidak dapat turut menikmatinya. Semoga Apple tidak membunuh iPod dalam waktu dekat, ya paling tidak hingga 5 tahun lagi.

iPod: Produk Apple Paling Personal

Bagi saya, iPod adalah salah satu perangkat Apple yang sangat personal. Setiap lagu yang saya beli di iTunes Store, masukkan ke iPod, playlist yang saya tata dan kelola, adalah cara sederhana untuk menggambarkan produk ini sebagai device yang dapat dinikmati, hanya oleh pemiliknya saja. Tidak salah jika iPod adalah salah satu inovasi paling berhasil dari Apple setelah nama besar iMac, terutama ketika Steve Jobs kembali menjabat CEO di tahun 1997.

Perangkat iPod apa saja sih yang pernah kamu gunakan? Lalu dari semua jenis iPod tersebut, mana sih yang paling kamu suka? Bagikan di kolom komentar ya.

SelaMac ultah, iPod..


3 Comments
To Top