Miscellaneous

Jony Ive Bicara iPhone X dan Sejarah Awal Suka dengan Desain

Jony Ive & Smithsonian/@AlltheFlyKids (Twitter)

Bicara mengenai pengembangan desain produk-produk Apple selalu menarik untuk diikuti. Terlebih diungkapkan sang desainer yang menciptakannya, Chief Design Officer Jonathan Paul Ive atau lebih dikenal dengan panggilan Jony Ive.

Dalam wawancara terbaru dengan majalah Smithsonian seperti yang sudah dijadwalkan di Hirshorn Museum, Washington D.C., Jony Ive berbicara mengenai iPhone X. Dia mengatakan, menciptakan iPhone X dengan desain layar nyaris bezeless adalah sesuatu yang sudah lama dicita-citakan Apple selama bertahun-tahun.

This is something we’ve aspired to for years,”

Jony Ive pun membandingkan desain antara iPhone X dengan model generasi sebelumnya. Salah satunya iPhone 7 Plus yang dimiliki sang pewawancara. Menurutnya, iPhone yang masih dilengkapi bezel sekarang terlihat sebagai komponen yang terlepas dari cangkangnya.

“It now seems to me a rather disconnected component housed in an enclosure.”

Jony Ive juga berbicara mengenai proses panjang untuk menyempurnakan Apple Watch. Dia mengakui, Apple tidak selalu melakukan sesuatu dengan benar setiap saat. Sebagai desainer, kamu harus terus belajar, ungkapnya.

“We don’t get it right all the time. As designers, you’re having to constantly learn.”

Topik menarik lain yang dibahas Ive adalah sejarah awal di mana dia mulai mengerjakan desain. Saat itu, dia mulai mendesain bareng ayahnya merupakan seorang profesor universitas dan perajin perak.


Baca juga:


Ive mengatakan, jika dirinya ingin membuat atau mengembangkan ide, dia selalu melakukannya dengan menggambar. Sementara itu, sang ayah selalu memberikan sebagian waktu untuknya dan mengajaknya ke acara workshop di universitas sampai tuntas.

Sejak awal dirinya memang suka menggambar dan membuat sesuatu. Benda-benda yang dibuatnya adalah perabotan rumah tangga, gerobak, bagian-bagian untuk rumah pohon, serta mengerjakan kayu dan beragam metal.

Tidak hanya itu, Ive yang dilahirkan di luar kota London dan sekolah di Newcastle Polytechnic, Inggris bagian utara juga berbicara mengenai kegemarannya dalam menggambar dan desain markas baru, Apple Park . Selengkapnya bisa kamu baca di tautan ini.

[source site_name = “9to5Mac” site_url = “https://www.smithsonianmag.com/innovation/jony-ive-apple-design-genius-180967232/”][/source]
Click to comment
To Top