News

Jumlah Pengguna iPhone X Geser iPhone 8 dan iPhone 8 Plus

iPhone X

iPhone X/Hardwarezone

iPhone 8 sebelumnya tercatat lebih populer dibandingkan iPhone X dalam daftar pencarian paling populer di Google selama 2017. Dalam daftar, iPhone 8 berhasil meraih peringkat 2 dan iPhone X di bawahnya di peringkat 3.

Meski begitu, peta penjualan kedua model iPhone baru tersebut tidaklah seimbang. iPhone 8 kalah populer dibandingkan dengan iPhone X yang adopsinya tercatat terus mengalami peningkatan dengan cepat meskipun diluncurkan belakangan.

Berdasarkan data analitik yang dihimpun dari aplikasi yang menggunakan SDK Mixpanel (via Business Insider), jumlah pengguna yang menggunakan iPhone X per 23 Oktober-11 Desember tercatat 4,76 persen dari semua pengguna iPhone yang ada.

Jumlah pengguna iPhone X jauh lebih besar dibandingkan jumlah pengguna iPhone 8 Plus yang tercatat sebanyak 3,59 persen. Sedangkan pengguna iPhone 8 kurang dari 3 persen, tepatnya 2,78 persen.

iPhone X-Mixpanel

Namun jika digabungkan, penjualan iPhone 8 dan iPhone 8 Plus yang dibanderol di bawah $800 tercatat masih lebih besar dibandingkan dengan iPhone X yang dibanderol $1.000. Persentase penjualan keduanya mencapai 6,37 persen.

Dalam data yang sama, pengguna iPhone lawas adalah yang paling besar. Rata-rata pengguna memiliki iPhone selama 2,5 tahun hingga akhirnya dijual ataupun diberikan kepada keluarganya.


Baca juga:


Penjualan iPhone X, iPhone 8, dan iPhone 8 Plus diperkirakan bakal berhasil melampaui pencapai iPhone 7 dan iPhone 7 Plus dalam beberapa bulan mendatang. Mengingat keberadaan ketiga model tersebut masih tergolong sangat baru.

Bukan rahasia lagi apabila iPhone 8 kalah populer dibandingkan iPhone X. Pasalnya, iPhone X menawarkan desain radikal dan sejumlah fitur canggih yang tidak dimiliki iPhone 8 seperti layar OLED dengan desain nyaris bezeless dan teknologi pengenalan wajah Face ID.

Apple sendiri sudah berhenti merilis jumlah penjualan iPhone secara rinci. Alasannya hal itu hanya mencerminkan jumlah pasokan ketimbang permintaan konsumen. Jadi data analitik dari Mixpanel bisa menjadi gambaran berapa jumlah kepemilikan iPhone baru saat ini.


Click to comment
To Top