News

Kalah Populer, Apple Bakal Potong Produksi iPhone 8 50-60 Persen

iPhone 8 Plus & iPhone 8/Apple

iPhone X dan iPhone 8 Plus saat ini tidak salah lagi adalah model yang lebih populer dibandingkan dengan iPhone 8. Sehingga hal ini membuat penjualan iPhone baru dengan layar 4,7 inci tersebut terjerembab dan kabarnya bakal memaksa Apple untuk mengurangi produksinya di kuartal pertama 2018.

Analis Ming Chi-Kuo dari KGI Securities dalam catatan terbarunya seperti dilansir MacRumors memprediksikan bahwa Pegatron selaku manufaktur rekanan Apple bakal memangkas produksi iPhone 8 antara 50–60 persen. Sebabnya, iPhone 8 tidak membawa nilai jual yang besar dan konsumen lebih menyukai iPhone 8 Plus dengan selisih harga tidak jauh.

With fewer major selling points and given a consumer preference for iPhone 8 Plus on a limited price gap, we expect iPhone 8 production orders to see 50–60% QoQ decline in 1Q18F, potentially shrinking Pegatron’s utilization rate. But considering new iPhone orders may become more diverse (compared with a single model of iPhone 8 in 2H17), and assuming the new models will come with more compelling features than iPhone 8, we are positive on Pegatron’s growth momentum in 2H18F.

Kepopuleran iPhone 8 Plus sendiri bukan tanpa fakta. Canalys dalam data terbarunya sebelumnya mencatat Apple berhasil mengapalkan sebanyak 6,3 juta unit iPhone 8 Plus di kuartal ketiga 2017 lalu. Bandingkan dengan iPhone 8 yang hanya dikapalkan sebanyak 5,4 juta unit di periode yang sama.

Bahkan, penjualan kedua iPhone baru tersebut juga kalah banyak dibandingkan dengan iPhone 7 yang diluncurkan tahun lalu. Dalam data yang sama, pengapalan iPhone 7 mencapai 13 juta unit, menjadikannya sebagai smartphone paling populer di dunia di kuartal tiga.


Baca juga:


Menyoal iPhone X, Kuo mengatakan bahwa permintaan dan produksinya masih bakal terus menguat di kuartal keempat atau musim liburan akhir tahun ini. Diprediksikan, Apple menggeber produksi iPhone ini antara 35–45 persen di periode itu.

Saat ini, jadwal perkiraan iPhone X di situs Apple Online Store tercantum 3–4 minggu setelah dipesan konsumen. Jadi peningkatan produksi tentunya bakal mempercepat waktu pengirimannya menjadi lebih singkat.

Untuk membantu meningkatkan produksi iPhone X, Foxconn rencananya bakal mengubah lini produksi iPhone 8 Plus menjadi lini produksi iPhone X mulai akhir tahun ini. Meski begitu, produksi dan permintaan konsumen terhadap iPhone belum akan seimbang sampai tahun depan mengingat model ini sangat laku di pasaran.


Click to comment
To Top