News

Kebocoran Kode Program iBoot iOS 9 Berasal dari Karyawan Junior di Apple


Sudah membaca berita mengenai kode program iBoot untuk iOS 9 bocor ke laman GitHub dan akhirnya dihapus? Hari ini ada catatan baru yang menjelaskan informasi tersebut secara mengejutkan. Dikutip dari laman MacRumors (via Motherboard) , kabarnya kebocoran kode ini berasal dari karyawan junior di Apple. Tepatnya berawal pada tahun 2016.

Karyawan tersebut bermaksud untuk menyalin kode program iBoot di iOS 9 dan memberikannya pada komunitas Jailbreak. Tujuan utama dari mengambil kode ini bukanlah kebencian terhadap Apple atau kecewa dengan tempatnya bekerja. Namun berupa dorongan dari teman lainnya yang aktif di komunitas Jailbreak – sekitar 5 orang.

The person took the iBoot source code–and additional code that has yet to be widely leaked–and shared it with a small group of five people.


Baca Juga:


Pada awalnya kelima orang tersebut tidak punya niat sedikit pun untuk membawa kode program ini ke kepada publik alias menyerbarkannya ke lama GitHub. Namun karena alasan yang tidak dijelaskan, akhirnya hal tersebut terjadi dan membuat masyarakat gempar.

Bahkan kabarnya kode program yang sempat bocor di GitHub hanya sebagian kecil saja dari kode program yang ada di 5 orang tersebut. Bisa dibilang iBoot iOS 9 ini bukan lagi bocor namun memang disalin oleh pihak tidak bertanggung jawab.

Pihak Apple sebelumnya sudah mengkonfirmasi mengenai kode program iBoot iOS 9 yang tersebar di dunia maya. Apple menjelaskan bahwa pengguna iOS tidak perlu khawatir karena iOS 9 adalah sistem operasi 3 tahun lalu dan sudah digunakan oleh pengguna dalam jumlah sangat kecil. Apple juga meyakinkan bahwa keamanan di iOS menggunakan struktur berlapis dan juga terkait pada perangkat hardware yang membuat barisan kode programnya saja tidak akan membuka jalan untuk celah keamanan yang berbahaya.


Cara Menghapus MacKeeper di Komputer Mac

[source site_name = “Macrumors” site_url = “https://www.macrumors.com/2018/02/09/iphone-source-code-leaked-by-apple-employee/”][/source]


Click to comment
To Top