News

Ketahanan Bodi & Baterai iPhone X di Bawah iPhone 8 & iPhone 8 Plus

Secara tampang dan spesifikasi, iPhone X memiliki sejumlah perbedaan yang membuatnya sangat populer dibandingkan dengan model lainnya, iPhone 8 dan iPhone 8 Plus. Di antaranya adalah layar bezeless, Face ID, dan lainnya.

Namun menurut Consumer Reports, iPhone X tidak memiliki performa sebagus iPhone 8 dan iPhone 8 Plus yang dijual lebih murah dalam hal ketahanan bodi kaca dan daya hidup baterai. Sehingga iPhone X diberikan rating lebih rendah daripada model lainnya tersebut.

Consumer Reports dalam pengujian dengan menggunakan 3 unit iPhone X menemukan fakta bahwa bodi kaca belakangnya lebih rentan mengalami pecah setelah dijatuhkan sebanyak 100 kali dari ketinggian 0,7 meter. Sedangkan 2 unit lainnya mengalami eror layar setelah dijatuhkan 50 kali.

Namun mengesankan layar depan iPhone X yang diuji tidak mengalami kerusakan apapun. Jadi kamu yang memilik iPhone baru berharga mahal sangat disarankan menggunakan case untuk melindungi bodinya.

Sebagaimana iPhone X, iPhone 8 dan iPhone 8 Plus juga mengusung bodi dari kaca. Namun dalam pengujian, kedua model iPhone tersebut berhasil melewati pengujian dengan menyisakan sediki goresan saja. Lantas saat masuk pengujian layar anti gores dan tahan air, iPhone X, iPhone 8, dan iPhone 8 Plus mampu melewatinya dengan sukses.

Selain mudah mengalami pecah kaca, iPhone X juga memiliki daya tahan baterai di bawah iPhone 8 Plus, dan bahkan ponsel pesaingnya, Samsung Galaxy S8. Diuji dengan mengunakan lengan robot dan kecerahan layar 100 persen, baterai iPhone X mampu bertahan 19,5 jam digunakan untuk menelepon, berselancar internet, mengambil foto, dan lainnya.

Sedangkan iPhone 8 Plus memiliki daya tahan baterai selama 21 jam dan baterai iPhone 8 bertahan 19 jam. Tidak mengherankan untuk hasil yang dicapai iPhone 8 lantaran ia dilengkapi baterai berkapasitas kurang dari 2000mAh.

Lebih lengkap mengenai pengujian ini, kamu bisa menyimak dalam videonya berikut ini:

Klik tautan ini jika video di atas tidak muncul.


Baca juga:


Pengujian yang dilakukan Consumer Reports terhadap iPhone X dan iPhone lainnya tentunya tidak sama dengan penggunaan di dunia nyata. Pasalnya, pengujiannya tergolong ekstrim dan berulang-ulang hingga 100 kali. Sangat tidak biasa.

Lantas mengenai daya tahan baterai iPhone X bisa dibilang masih dalam tahap wajar. Penggunaan normal dan tidak mengatur kecerahan layar secara penuh bakal membuat baterainya bertahan lebih lama. Mengatur kecerahan layar di bawah sekitar 25 persen sepertinya sudah lebih dari cukup.

Meski iPhone X memiliki kelemahan di sisi bodi belakang dan ketahanan baterai, Consumer Reports tetap memberikan pujian untuk iPhone baru tersebut. iPhone X disebut salah satu smartphone terbaik yang layak untuk dimiliki.

    Source:

  • Consumer Reports - YouTube

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top