News

Keyboard MacBook dan MacBook Pro Mudah Macet, Apple Hadapi Gugatan Hukum

Apple mengenalkan keyboard MacBook 12 inci dengan sistem butterfly mechanism sejak tahun 2015. Teknologi ini akhirnya dibawa ke MacBook Pro Touch Bar 2016. Sejumlah laporan sebelumnya sudah menyebutkan bahwa desain keyboard baru ini mudah macet alias tidak dapat digunakan jika terkena debu atau kotoran lainnya.

Bahkan dalam laporan terbaru, masalah ini sudah disampaikan ke pengadilan untuk dibuat sebuah gugatan hukum. Tepatnya di pengadilan distrik Amerika Serikat, wilayah California Utara. Dalam gugatan tersebut dituliskan bahwa ada ribuan pangguna yang mengalami masalah dengan keyboard butterfly mechanism di perangkat MacBook Pro dan MacBook 12 inci.

Apple’s butterfly keyboard and MacBook are produced and assembled in such a way that when minimal amounts of dust or debris accumulate under or around a key, keystrokes fail to register. The keyboard defect compromises the MacBook’s core functionality.


Baca Juga:


Gugatan tersebut juga menuduh Apple telah mengetahui masalah di butterfly mechanism dan tetap merilis teknologi tersebut di MacBook 12 inci. Bahkan teknologi ini dibawa ke MacBook Pro 13 inci dan MacBook Pro 15 inci yang dijual dengan harga ‘premium’ namun tetap memiliki masalah yang sama.

Dalam beberapa catatan yang tim MakeMac dapatkan, Apple akan memberikan perbaikan secara gratis untuk pengguna yang mengalami masalah keyboard sepanjang masa garansi 1 tahun atau menggunakan Apple Care. Namun perlu waktu beberapa hari hingga sepekan, bahkan tidak jarang masalah yang sama akan terulang lagi setelahnya. Sedangkan jika perangkat MacBook dan MacBook Pro yang kamu gunakan sudah tidak mendapatkan garansi, biaya perbaikan yang harus dikeluarkan sekitar $700.

Apakah kamu termasuk pengguna MacBook atau MacBook Pro yang sudah menggunakan butterfly mechanism? Silakan rawat keyboard kamu dengan baik ya. Salah satu tips yang diberikan oleh Apple adalah membersihkan keyboard dengan udara bertekanan seperti di panduan dari laman Apple Support.


8 Alasan Beralih ke MacBook 12 inci dari MacBook Air 11 inci

[source site_name = “cnet” site_url = “https://www.cnet.com/news/apple-macbook-keyboard-issue-prompts-lawsuit/”][/source]


Click to comment
To Top