News

Komparasi Hardware Apple TV 4K dengan Apple TV Generasi Keempat

Apple TV

Apple TV 4K yang baru akhirnya sudah mulai bisa dipesan hari ini lewat Apple Online Store di sejumlah negara. Di samping sudah mendukung resolusi 4K, apa saja perbedaan lainnya dibandingkan dengan Apple TV generasi sebelumnya? Berikut komparasinya.

Dari segi desain dan faktor bentuk, Apple TV 4K dan model pendahulunya tidak membawa perubahan apapun. Kedua perangkat Apple TV baru dan lama masih tampak serupa dengan ukuran bodi yang sama saja.

Kendati demikian, perubahan besar bakal terlihat berbeda di bagian input dan output (I/O) yang berada di belakang perangkat. Apple TV 4K tidak dilengkapi port USB-C. Sedangkan Apple TV generasi keempat memilikinya.

Lantaran Apple TV 4K tidak punya port USB-C, kamu tidak akan bisa menghubungkannya ke MacBook atau perangkat lainnya yang sudah dilengkapi USB-C. Namun bagi kebanyakan pengguna, hal ini bukanlah persoalan besar karena koneksi saat ini bisa dilakukan secara nirkabel.

Masih di bagian I/O, terdapat perbedaan mencolok antara Apple TV 4K dan Apple TV sebelumnya. Yaitu, Apple TV 4K sudah dilengkapi dengan Gigabit Ethernet namun tidak dimiliki Apple TV lama. Dengan port Gigabit Ethernet, koneksi video 4K diklaim bakal berlangsung lebih cepat dan stabil.

Apple TV

Berikutnya, perbedaan paling kentara dari Apple TV 4K dan Apple TV lama adalah resolusi video yang diusungnya. Dari namanya, Apple TV 4K mendukung video dengan resolusi 4K (Ultra HD) yaitu pada 3.840 x 2.160 piksel. Sedangkan Apple TV generasi keempat hanya mendukung resolusi video hingga 1080p pada 60 FPS.

Tidak hanya itu, Apple TV 4K juga mendukung fitur HDR dan Dolby Vision yang saat ini sangat populer dan banyak didukung perangkat TV dan set-top-box di pasaran. HDR dan Dolby Vision bakal membuat warna gambar jauh lebih baik lagi.

Walhasil, Apple TV 4K diklaim mampu memberikan pengalaman menonton film atau acara TV dengan kualitas sangat tajam, lebih halus, dan warna lebih nyata dibandingkan sebelumnya. Untuk menonton konten 4K di Apple TV 4K, kamu perlu memiliki TV yang juga mendukung 4K tentunya. Jika tidak, maka tampilan video 4K tidak akan maksimal di TV biasa.

Apple TV

Beralih ke bagian internal, Apple TV 4K membawa hardware paling baru. Perangkat TV dari Apple ini dilengkapi dengan chip prosesor A10X Fusion. Prosesor yang sebelumnya diadopsi di lini iPad Pro itulah yang mampu menangani konten 4K tanpa kendala. Sedangkan Apple TV lama hanya dilengkapi chip prosesor A8.


Baca juga:


Untuk konektvitasnya, Apple TV 4K dibekali Bluetooth 5.0 yang akan membuat koneksi dengan perangkat headphone atau perangkat lainnya dengan Bluetooth lebih mulus. Bandingkan dengan Apple TV sebelumnya dibekali Bluetooth 4.0.

Apple TV 4K juga ditemani Siri Remote buat mencari konten di Apple TV dengan perintah suara sebagaimana Apple TV generasi sebelumnya. Siri Remote baru yang mendeteksi gerakan, termasuk ketinggian dan rotasi tersebut hadir dengan sedikit perubahan. Yaitu adanya lingkaran putih di tombol Menu. Menariknya, Siri Remote baru ini juga dijual dalam paket penjualan Apple TV generasi keempat.

Apple TV

Apple bakal mulai menjual Apple TV 4K secara resmi pada tanggal 22 September mendatang. Tersedia dalam dua kapasitas storage, Apple TV 4K 32GB dijual dengan harga $179 sedangkan $199 buat Apple TV 4K 64GB. Sementara itu Apple TV generasi keempat menjadi model yang dijual paling murah. Hanya tersedia dalam kapasitas storage 32GB saja, model ini sekarang bisa kamu dapatkan dengan harga $149.

[source site_name = “9to5Mac” site_url = “https://9to5mac.com/2017/09/14/apple-tv-price-specs-comparison/”][/source]


3 Comments
To Top