Reviews

Kupas Tuntas Aplikasi Files di iOS 11 untuk iPhone dan iPad

Bagi kamu yang sudah melakukan update ke iOS 11, pasti kenal dengan aplikasi baru bernama Files! Ya, aplikasi ini hadir sebagai pengganti iCloud Drive dengan fungsi lebih lengkap dan dukungan dari layanan cloud service pihak ketiga. Belum mencoba Files di iOS 11 atau penasaran dengan fitur lengkapnya? Yuk simak pembahasan dari tim MakeMac ya!

Apa Itu Files?

Secara sederhana, Files adalah aplikasi untuk mengelola dokumen yang kamu simpan di iCloud dan beberapa cloud service lainnya yang sudah mendukung. Mulai dari Dropbox, Google Drive, OneDrive dan beragam lainnya. Dengan bantuan Files, pengguna diharapkan dapat mengelola dokumen di beberapa layanan cloud service tanpa perlu berpindah antar aplikasi atau menggunakan peramban Safari di iOS. Contoh yang sudah saya lakukan adalah memindahkan dokumen dari Documents by Readdle ke Dropbox, catatan dari Pages di iCloud ke aplikasi Box atau mungkin lainnya. Semua hal tadi cukup dilakukan dari Files, bahkan mendukung mode drag and drop di perangkat iPhone, iPad.

Files juga punya mode pencarian, tampilan yang kompak dan mudah digunakan serta organisir dokumen menggunakan Tags, berbagi dokumen antar pengguna serta banyak hal lainnya. Saya akan bahas semuanya di bagian berikutnya.

Cara Menggunakan Files

  1. Update perangkat iPhone, iPad atau iPod Touch ke iOS 11.
  2. Login ke akun iCloud yang kamu gunakan. Masuk ke Settings > Profile (bagian paling atas) > iCloud > iCloud Drive.
  3. Lakukan pengaturan yang sama pada perangkat iOS lainnya yang kamu gunakan.

Akses Aplikasi Pihak Ketiga

Kamu tidak akan menemukan kesulitan berarti saat menambahkan akses aplikasi pihak ketiga di Files. Misalkan untuk Dropbox, pastikan kamu sudah mengunduh Dropbox for iOS dan login ke akun yang digunakan. Setelah itu masuk ke aplikasi Files.

Di bagian atas (iPhone) atau kiri (iPad dalam mode mendatar) pilih Locations > Edit. Aktifkan tombol dari layanan cloud service yang ingin kamu gunakan lalu tekan Done. Jika layanan yang kamu cari tidak ada di bagian Locations, berarti aplikasi tersebut belum mendukung iOS 11 atau aplikasi Files.

Menggunakan Tags di App Files

Tag berguna untuk merapikan dokumen dengan tanda warna tau teks yang bisa kamu atur sesuai kebutuhan. Warna yang ada di Tags juga bisa digunakan sebagai acuan dari kepentingan sebuah dokumen untuk segera dikerjakan atau mungkin hal lainnya. Misalkan saya menggunakan warna Tags merah untuk dokumen yang harus segera dikerjakan dalam minggu ini atau mungkin warna kuning untuk kerjaan yang bisa ditunda hingga minggu depan.

Kamu juga bisa mendapatkan akses cepat dari setiap dokumen yang menggunakan label tersebut saat diperlukan, langsung dari halaman pertama aplikasi Files. Tidak perlu menggunakan fitur pencarian atau mungkin mencari di setiap folder yang ada di cloud service di dalam Files.

Cara Mengatur Tags:

  1. Masuk ke app Files, buka tanda panah ke bawah dari daftar Tags.
  2. Tekan tombol Edit.
  3. Urutkan Tags berdasarkan warna yang biasa kamu pakai dengan menekan dan geser ke atas dan bawah dalam listnya.
  4. Tekan pada bagian teks di sebuah Tags untuk mengganti nama sesuai kebutuhan.
  5. Akhiri pengaturan dengan menekan Done.

Cara Memberikan Tags di Dokumen:

  1. Pilih dokumen atau beberapa dokumen yang kamu beri warna atau tanda Tags. Gunakan mode Select di kiri atas layar.
  2. Tekan tombol Share Extension di bagian bawah lalu pilih +Tag.
  3. Setelah itu pilih Tags yang ingin kamu gunakan. Bisa salah satu saja atau sekaligus beberapa Tags. Akhiri dengan menekan tombol Done.
  4. Cara alternatif yang bisa kamu gunakan untuk memberikan Tags adalah tekan dan tahan dokumen tersebut lalu pilih tombol Tags.

Memindahkan Dokumen di App Files:

  1. Pilih dokumen yang ingin kamu pindahkan atau salin dengan tombol Select.
  2. Tekan tombol Share Extension lalu pilih Move (iCloud) atau Copy (cloud service lain). Pindah ke folder lain atau layanan cloud service lain dari bagian Locations. Masuk ke folder tujuan dan tekan tahan layar di bagian utama app Files lalu pilih Paste.
  3. Cara alternatif yang dapat kamu gunakan untuk Move atau memindahkan dokumen di app Files adalah menggunakan fitur drag and drop. Tekan dan tahan salah satu dokumen lalu bawah ke bagian pojok kiri bawah misalnya. Dengan jari kedua, pilih dokumen lain dengan cara tap 1x untuk ikut membawanya dalam bagian pojok kiri tadi. Masih dengan jari kedua, kembali ke halaman utama app Files lewat tombol Locations di kiri atas lalu cari folder yang kamu perlukan dan lepas tekanan di layar untuk jari pertama.

Baca Juga:


Berbagi Dokumen di App Files

Selain merapikan dokumen di beragam cloud service, kamu juga bisa menggunakan Files untuk berbagi dokumen kepada pengguna lain. Mulai dari teman di satu ruangan misalkan lewat AirDrop, kirim lewat email, gunakan sebagai posting foto di Instagram atau hal lainnya. Bahkan kamu juga bisa menggunakan mode berbadi dokumen kerja bersama teman untuk data Keynote, Pages atau Numnbers di iCloud.

Cara Berbagi Dokumen di Files

  1. Buka app Files, cari dokumen yang ingin kamu bagikan.
  2. Tekan dan tahan untuk menampilkan tombol Share. Bisa juga menggunakan tombol Select, pilih dokumen yang ingin kamu bagikan lalu tekan tombol Share Extension.
  3. Pilih cara berbagi dokumen yang kamu perlukan. Bisa menggunakan AirDrop, email, Notes, atau mungkin lainnya.
  4. Jika menggunakan AirDrop dan penerima dokumen tadi juga menggunakan perangkat iOS 11, tampilannya akan seperti gambar di bawah ini. Pilih aplikasi yang ingin kamu gunakan untuk menyimpan dan membuka dokumen tersebut.

Drag and Drop Files ke Aplikasi Lain

Mode drag and drop di app Files tidak hanya berlaku untuk memindahkan dokumen di dalam aplikasi tersebut saja. Namun kamu dapat menggunakan fitur ini di perangkat iPad yaitu mode Multitasking iOS 11 untuk memindahkan dokumen gambar atau teks dari Safari misalnya ke Files. Cukup lakukan pengaturan tampilan seperti gambar di atas dan tinggal tekan tahan dokumen yang ingin kamu salin lalu lempar ke Files.

Sebagai tambahan, kamu juga bisa meletakkan Files di Dock iPad dan memanggilnya secara mudah, kapan saja saat dibutuhkan. Yaitu dengan cara tekan dan tahan ikon Files di Dock lalu pilih Show More. Fitur ini berguna sebagai cara cepat untuk memanggil Files di tampilan Slide Over dan mendukung mode drag and drop kapanpun saat dibutuhkan.

Akhir Kata

Apple memang tidak membuat Files sebagai File Manager dengan gaya ala Finder di Mac atau mungkin akses ke penyimpanan utama dari sistem operasi perangakat mobile device seperti pada sistem operasi lain. Kamu tidak bisa melakukan modifikasi file system atau mungkin dokumen utama dari perangkat iOS 11 menggunakan Files.

Misalkan akses video yang kamu simpan di aplikasi YouTube, untuk disalin dan dibawa keluar dari perangkat iOS secara mudah atau hal lainnya. Tentunya hal ini melanggar kebijakan Apple seputar privasi dan akses data yang ada di ekositem perangkat iOS. Saya yakin hal tersebut tidak akan pernah dilakukan oleh Apple di iOS 12 atau mungkin versi berikutnya.

Apakah kamu sudah mencoba Files dan merasakan kemudahan untuk mengelola dokumen di cloud service pilihan secara mudah dan cepat? Bagikan di kolom komentar ya!


Review iOS 11: Tampilan Cantik dan Fitur Lebih Produktif

Gambar

[source site_name = “Apple” site_url = “https://support.apple.com/en-us/HT206481”][/source]


Click to comment
To Top