How-To

Kupas Tuntas Memotret Gambar RAW di iPhone


Apa itu gambar RAW? Bagaimana cara mengambil gambar RAW di iPhone? Beberapa pertanyaan serupa sempat mampir ke @MakeMac dan kali ini akan saya jawab lewat artikel. Berikut ini info lengkap yang wajib kamu tahu mengenai memotret dengan gambar RAW di perangkat iPhone.

Apa Itu Gambar RAW?

RAW adalah istilah yang digunakan untuk dokumen gambar yang tidak terkompresi, menggunakan pemrosesan data paling minimal dan masih menyimpan data detail gambar secara lebih lengkap dibandingkan format JPEG. Dengan mengambil gambar RAW, kamu bisa melakukan proses editing gambar yang lebih leluasa seperti meningkatkan kontras, white balance dan beberapa hal detail lainnya.

Kelebihan dan Kekurangan Gambar RAW


Kelebihan gambar RAW adalah menyimpan data gambar dengan lebih lengkap dibandingkan JPEG. Kamu bisa mengedit elemen gambar dengan hasil yang lebih baik dan detail untuk setiap bagian yang diperlukan. Seperti misalnya detail gambar di ruangan yang lebih gelap atau mungkin dynamic range di foto pemandangan matahari terbenam serta beberapa hal lainnya.

Sedangkan untuk kekurangan gambar RAW adalah ukuran penyimpanan yang besar. Biasanya sekitar 3–4 kali lebih besar dibandingkan gambar dengan format JPEG. Jadi jika misalnya kamu hanya memerlukan 5MB untuk setiap 1 gambar JPEG, gambar RAW memerlukan kapasitas penyimpanan sekitar 15MB atau lebih.

Sebagai catatan, Apple menggunakan format gambar RAW dengan ekstensi .DNG ya. Jadi kamu tidak akan menemukan format gambar .RAW jika selama ini masih merasa bingung dengan penjelasan gambar RAW yang pernah dibaca sebelumnya.

Bagaimana Cara Mengambil Gambar RAW di iPhone?

Apple baru memberikan dukungan untuk mode jepret gambar RAW sejak iOS 10 atau yang lebih baru. Secara sederhana, cara mengambil gambar RAW di perangkat iPhone memerlukan aplikasi tambahan. Ya, ini karena aplikasi Camera di perangkat iOS tidak mendukung fitur mengambil gambar RAW.

Manual – RAW custom exposure camera1
Manual – RAW custom exposure camera

Berikut ini beberapa aplikasi yang mendukung fitur jepret gambar RAW:


Baca Juga:


Tips Menggunakan Gambar RAW

Kamu tidak perlu menggunakan format gambar RAW untuk setiap foto yang diambil lewat iPhone. Pertama alasannya adalah repot karena menghabiskan kapasitas penyimpanan dalam ukuran banyak. Bayangkan jika setiap hari kamu mengambil 100 gambar dalam format gambar RAW di perangkat iPhone, berapa besar kapasitas penyimpanan yang harus kamu siapkan?

 Halide - RAW Manual Camera2
Halide – RAW Manual Camera

Kedua, gambar yang diambil dalam format gambar RAW memerlukan proses edit gambar terlebih dahulu untuk mendapatkan hasil terbaiknya – tidak bisa instan digunakan seperti JPEG. Mode edit gambar RAW juga belum didukung oleh semua jenis aplikasi edit gambar yang ada di perangkat iOS.

Jadi kapan saat terbaik untuk menggunakan gambar RAW? Pertama adalah momen spesial yang butuh detail gambar terbaik dan ingin kamu edit dengan serius. Kedua adalah gambar pemandangan yang memiliki banyak warna atau banyak dynamic range seperti awan yang biru, sunset atau pemandangan alam terbuka lainnya.

Sering Menggunakan RAW?

Apakah kamu sering menggunakan gambar RAW untuk mengambil gambar di momen spesial? Atau malah baru mengenal fitur ini setelah membaca info lengkapnya dari MakeMac? Bagikan pendapat kamu atau pengalaman menggunakan fitur gambar RAW di perangkat iOS ya.


Review ProCam 5, Pengaturan Tambahan untuk Penggemar Fotografi di iPhone


Click to comment
To Top