Featured

Selamat Datang MacBook Air Baru! Layar Retina, 3 Warna dan Bahan Ramah Lingkungan

Apple akhirnya mengenalkan MacBook Air baru di Apple Event 30 Oktober. Komputer Mac paling tipis dan sudah menggunakan desain yang sama selama 10 tahun ini, akhirnya punya wajah baru. Apa saja detailnya?

Layar Retina Display

Untuk pertama kalinya, MacBook Air hadir dalam layar Retina Display dengan ukuran bentang layar 13.3 inci. Kamu bisa menikmati tampilan hingga 4 juta pixel dalam resolusi maksimal 2560 x 1600 pixel.

Karena teknologi Retina Display yang digunakan, Apple mengklaim bahwa pengguna bisa menikmati warna yang tampil di MacBook Air baru hingga 48% lebih banyak.

Masih di seputaran layar, Apple juga menggunakan Facetime HD Camera sebagai kamera di perangkat MacBook Air. Teknologi ini dapat kamu gunakan untuk membantu melakukan Group Facetime di macOS Mojave hingga 32 pengguna bersamaan.

Apple juga memberikan 3 buah mikrofon di MacBook Air untuk membantu kamu melakukan panggilan video, suara dan akses fitur Hey Siri.

Di bagian speaker, MacBook Air punya performa wide stereo playback yang lebih baik. Yaitu suara 25% lebih kencang, bass 2x lipat dan peningkatan dynamic range.

Keamanan Touch ID dan Apple T2 Chip

Seperti di MacBook Pro Touch Baru, MacBook Air terbaru mengusung teknologi Touch ID sebagai pengenalan sidik jari pengguna.

Fitur keamanan ini dapat digunakan untuk beragam bagian di sistem operasi, aplikasi pihak ketiga dan mode pembayaran dengan Apple Pay di Safari.

Teknologi Touch ID di MacBook Air terbaru ditunjang oleh Apple T2 Security Chip sebagai pusat keamanan. Chip ini juga mengamankan proses booting komputer, enkripsi data di SSD dan menghadirkan fitur Hey Siri yang selalu aktif.

Keyboard, Trackpad dan Warna

Keyboard di MacBook Air menggunakan Butterfly Keyboard generasi ketiga yang juga digunakan oleh MacBook Pro Touch Bar 2018. Setiap tombolnya menggunakan backlit dengan LED rendah daya untuk memudahkan kamu saat mengetik di tempat gelap.

Lanjut ke Trackpad, Apple juga memberikan Force Touch Trackpad di produk ini. Yaitu dengan dukungan haptic feedback, ukuran trackpad diubah menjadi 20% lebih besar dan lebih senyap.

Bagaimana dengan warna yang digunakan? MacBook Air hadir dalam 3 pilihan warna! Yaitu Silver, Space Gray dan Gold.

Performa Perangkat Keras

MacBook Air terbaru menggunakan CPU Intel Core i5 generasi 8. Teknologi RAM yang digunakan adalah 2133 MHz yang mendukung hingga 16GB RAM.

Bicara kapasitas penyimpanan, MacBook Air dapat dibeli dengan pilihan SSD 128GB dan 256GB, atau pesan dengan spesifikasi custom hingga 1.5TB.

Teknologi SSD yang digunakan dijamin 60% lebih cepat daripada MacBook Air generasi sebelumnya, membuat proses membuka aplikasi dan dokumen sangat responsif.

Port Thunderbolt 3

MacBook Air terbaru menggunakan dua buah Port Thunderbolt 3 sebagai mode koneksi dan juga charging.

Bahkan kamu bisa menggunakan Port Thunderbolt 3 di MacBook Air baru untuk terhubung ke monitor eksternal dengan resolusi 4K dan 5K!

Dengan beragam pilihan aksesoris dan perangkat digital yang sudah menggunakan tipe USB-C, kamu bisa melakukan banyak hal dengan MacBook Air yang baru dan sangat tipis ini.

Baterai, Bodi Lebih Tipis dan Ringan

Sekarang kita bicara baterai dan dimensi perangkat MacBook Air ya. Jika dibandingkan generasi sebelumnya, laptop ini punya baterai lebih hemat yaitu hingga 13 jam untuk iTunes movie playback.

Kedua, MacBook Air baru punya ukuran 17% lebih kecil, 10% lebih tipis dan bagian paling tebal hanya sekitar 0.61 inci.

Jika bicara berat, MacBook Air hanya akan menambah beban di tas kamu sekitar 2.75 pound (1.2KG), alias seperempat kilogram lebih ringan daripada generasi sebelumnya.

MacBook Air Paling Ramah Lingkungan

Apple semakin serius untuk menunjukkan kepedulianya terhadap lingkungan. Salah satunya adalah tidak menambah limbah atau zat berbahaya yang dapat mencemari lingkungan.

Untuk itulah di MacBook Air terbaru, Apple menggunakan 100% bahan aluminium daur ulang sebagai penyusun rangka utama.

Meskipun bahan daur ulang, semua aluminium ini tetap menggunakan kekuatan, durabilitas dan tampilan cantik yang sama dengan produk Apple lain.

Dengan menggunakan aluminium daur ulang, Apple berhasil menekan emisi karbon MacBook Air hingga 50 persen. Membuatnya menjadi produk Mac paling hijau atau ramah lingkungan.

Spek dan Harga MacBook Air

MacBook Air baru dijual dengan ukuran 13.3 inci dan hadir dalam 2 pilihan spek. Berikut ini info lengkapnya:

MacBook Air 13.3 inci ($1.199)

  • 1.6GHz dual-core 8th-generation Intel Core i5 processor with Turbo Boost up to 3.6GHz
  • Retina display
  • 8GB 2133MHz LPDDR3 memory
  • 128GB SSD storage1
  • Intel UHD Graphics 617
  • Touch ID
  • Force Touch trackpad
  • Two Thunderbolt 3 ports

MacBook Air 13.3 inci ($1.399)

  • 1.6GHz dual-core 8th-generation Intel Core i5 processor with Turbo Boost up to 3.6GHz
  • Retina display
  • 8GB 2133MHz LPDDR3 memory
  • 256GB SSD storage1
  • Intel UHD Graphics 617
  • Touch ID
  • Force Touch trackpad
  • Two Thunderbolt 3 ports

MacBook Air terbaru sudah dapat dipesan di Apple Store atau Apple Online Store mulai 30 Oktober 2018. Produk ini akan resmi dijual pada tanggal 7 November mendatang.

Apakah kamu berminat untuk membeli MacBook Air baru? Bagikan pendapat kamu di kolom komentar ya!


Click to comment
To Top