News

Apple Jelaskan Celah ‘Meltdown’ dan ‘Spectre’ yang Menyerang iOS dan macOS

 Photo by Pexels100
Photo by Pexels

Apple hari ini merilis catatan baru mengenai celah keamanan’Meltdown’ dan ‘Spectre’ yang kabarnya bisa menyerang semua jenis komputer dengan CPU Intel ataupun basis ARM (perangkat iOS). Dalam penjelasannya di laman Apple Support, dituliskan sistem komputer Mac dan iOS bisa mengalami infeksi celah keamanan tersebut.

Namun hingga saat ini tidak ada laporan dari pengguna mengenai masalah tersebut. Karena celah keamanan ini dapar digunakan oleh aplikasi yang tidak bertanggung jawab, Apple juga menyarankan para pengguna perangkatnya, hanya melakukan proses download software dari sumber yang terpercaya.

All Mac systems and iOS devices are affected, but there are no known exploits impacting customers at this time. Since exploiting many of these issues requires a malicious app to be loaded on your Mac or iOS device, we recommend downloading software only from trusted sources such as the App Store.

Masih dari laman sumber berita, Apple kabarnya telah merilis mitigasi keamanan untuk iOS 11.2, macOS 10.13.2 dan tvOS 11.2 untuk mencegah efek celah keamanan Meltdown. Sedangkan untuk Spectre, dalam waktu dekat Apple akan merilis mitigasi untuk Safari. Perbaikan dan mitigasi akan terus dilakukan Apple sepanjang pengembangan OS, macOS, tvOS dan watchOS dalam versi berikutnya. Sebagai catatan, perangkat Apple Watch menjadi satu-satunya yang tidak masuk dalam daftar perangkat yang bisa terkena celah keamanan Meltdown dan Spectre.


Baca Juga:


Bagi kamu yang masih penasaran, Meltdown dan Spectre adalah celah keamanan yang memanfaatkan fitur kinerja CPU bernama Speculative Execution. Proses tersebut bekerja dengan cara meningkatkan kecepatan dan menjalankan beberapa instruksi sekaligus, urutannya bisa berbeda dari data yang memasuki CPU. Agar kinerja CPU lebih meningkat, proses ini bisa memprediksi jalur mana yang lebih mungkin untuk diambil serta secara spekulatif dapat melanjutkan eksekusi di jalan tersebut – bahkan saat proses belum selesai. Jika proses prediksi ini dianggap salah, Speculative Executionakan kembali berjalan dan mengulangi prosesnya sebelum dilihat oleh software.

Meltdown dan Spectre akan menyalahgunakan hitungan Speculative Execution untuk mendapatkan akses memori khusus di dalam CPU. Seperti Memori Kernel yang berisi beragam data privasi pengguna seperti password dan lainnya. Proses serangan Meltdown dan Spectre bisa berasal dari aplikasi berbahaya yang kamu instal dari sumber tidak terpercaya. Penjelasan lengkap untuk Meltdown dan Spectre dapat kamu baca di laman Apple Support ya.

Lanjut pada pembahasan penurunan performa, Apple juga menjelaskan bahwa semua perangkat iOS 11.2, macOS 10.13.2 dan tvOS 11.2 yang sudah mendapatkan mitigasi untuk Meltdown, tidak mengalami kemunduruan performa apapun. Proses ujicoba performa ini dilakukan dengan beberapa tools seperti GeekBench 4, Speedometer, JetStream dan ARES–6. Semuanya menunjukkan hasil yang normal, tidak ada perubahan performa secara signifikan jika dibandingkan versi sebelumnya.


Apakah Program Ganti Baterai iPhone juga Tersedia di Indonesia?

[source site_name = “Apple Support” site_url = “https://support.apple.com/en-us/HT208394”][/source]


Click to comment
To Top