Games

Mengenal Fortnite: Battle Royale Lebih Dekat

Entah itu masih dalam masa menunggu, ataupun kamu sudah beruntung mendapatkan undangan untuk bermain Fornite: Battle royale, pasti ada beberapa dari kamu yang masih bertanya-tanya, sebenarnya ada apa sih dengan game ini? Kenapa begitu populer? Kenapa sepertinya banyak sekali yang heboh untuk membicarakannya? Yuk, kenal lebih dekat.

Mengenal Secara Lebih Dekat, Battle Royale

Battle royale diartikan dengan keadaan dimana banyak orang diposisikan di satu tempat tertentu, untuk kemudian dipaksa bertahan hidup melawan satu sama lain, sampai pada akhirnya hanya tinggal satu dari mereka yang akan menjadi pemenang tunggal, dengan mengalahkan peserta lainnya. Maka sama saja dengan artian tadi, battle royale menjadi sebuah genre dari permainan, yang dapat diartikan sebagai sebuah permainan yang menggabungkan elemen bertahan hidup, menjelajah, dan mencari barang-barang yang bisa digunakan untuk bertahan hidup. Tidak hanya bertahan hidup dari alam sekitar, namun bertahan dari serangan pemain lainnya, yang berjumlah banyak, dengan perlengkapan yang berhasil ditemukan di sekitar.

Fornite-Battle-Royale2

Dari penjelasan diatas, maka mungkin kamu sudah bisa sedikit mengerti bagaimana cara untuk bermain Fornite: Battle Royale. Kamu dan 99 pemain lainnya nantinya akan dikirim ke satu pulau tertentu. Disana kamu harus berperang, bertahan hidup, dan mengalahkan mereka sampai hanya tinggal satu saja pemain yang hidup di pulau tersebut. Jika kamu adalah satu yang terakhir, maka kamu berarti pemenangnya. Kamu bisa berusaha menemukan apapun yang ada di pulau untuk kemudian digunakan menjadi barang yang bisa membuatmu unggul dibanding pemain lainnya. Barang itu boleh saja berupa senjata, atau mungkin hanyalah tempat untuk bersembunyi.

Bagaimana jika kamu termasuk pemain yang tidak menginginkan konflik di sepanjang game? Mungkin kamu berpikir untuk berusaha bersembunyi dari lawan, sehingga lawan tidak bisa menemukan posisimu. Ide yang bagus mungkin, tetapi pada battle royale, peta yang digunakan awalnya memang cukup besar. Tetapi seiring dengan berjalannya permainan, peta kemudian sengaja diperkecil untuk membuat para pemain yang masih bertahan hidup harus terus bergerak mendekati satu sama lain. Keadaan inilah yang nantinya akan memaksa kamu untuk bertahan hidup, berusaha untuk mengeliminasi pemain lain.

Bagaimana dengan senjata? Apakah bisa dibuat sendiri? Apakah di peta akan bertebaran senjata yang kemudian bisa digunakan untuk keuntungan diri sendiri? Ya, tentu saja. Di dalam peta permainan nantinya akan ada banyak senjata yang bisa digunakan oleh pemain. Ada elemen crafting pada Fornite: Battle Royale, sehingga kamu yang menyukai elemen ini akan cukup puas dengan fiturnya. Setiap pemain nantinya akan dibekali dengan kapak. Kapak tersebut dapat digunakan untuk membuat pintu, dinding, jendela, tangga, dan masih banyak lagi hal lainnya lagi. Seperti terlihat pada namanya, kamu bisa membuat benteng disini. Gunakan semua kemampuan itu untuk keuntunganmu sendiri.

Klik tautan ini jika video di atas tidak muncul.

Kapan Sebenarnya Saya Bisa Bermain?

Sayangnya belum ada kejelasan tentang kapan pemain bisa memainkan Fornite: Battle Royale. Nyatanya, Fornite: Battle Royale sendiri diluncurkan secara bertahap, untuk beberapa orang tertentu pada tanggal 12 Maret 2018 lalu. Tetapi sang pengembang, Epic Games mengatakan bahwa mereka akan tetap memberikan akses kepada lainnya seiring dengan berjalannya waktu.

Saya sudah memberi tahu cara untuk bagaimana kamu harus mendaftarkan diri untuk mendapatkan antrian untuk memainkan Fortnite: Battle Royale di artikel lain. Tapi untuk benar-benar mendapatkan kode undangannya, tidak ada yang tahu kapan pastinya.

Yang sudah pasti adalah, jika kamu termasuk yang beruntung untuk mendapatkan kode undangan, maka kamu juga akan mendapatkan beberapa kode undangan untuk dapat dibagikan kepada teman-temanmu. Berapa kode yang didapat memang belum jelas disebutkan. Tetapi jika tim MakeMac berhasil mendapatkan kode undangannya lebih awal, mungkin nanti kami akan bisa membagikannya ke kamu semua. Kabarnya juga, jika kamu menggunakan kode undangan dari teman yang telah berhasil diundang, maka kamu akan mendapatkan prioritas lebih, atau itu berarti, kamu bisa memainkan game ini lebih cepat dibandingkan yang lain lho!


Baca Juga:

Berapa Harganya?

Fortnite: Battle Royale akan tersedia gratis untuk semua orang. Bahkan versi PC pun tersedia gratis untuk diunduh dan dimainkan. Tetapi tidak menutup kemungkinan bahwa Epic Games akan memasukkan in-app purchase.

Untuk lebih detail mengenai apa saja yang akan termasuk menjadi in-app purchase, saya sendiri masih belum yakin. Tetapi pada versi PC, terdapat beberapa item kosmetik yang dapat kamu beli untuk mendandani karaktermu sehingga karakter tersebut terlihat beda dengan yang lain. Tenang saja, saya pikir Epic Games tidak akan memasukkan hal lain selain item kosmetik ke dalam in-app purchase mereka.

Apakah Fornite: Battle Royale Bisa Dimainkan Secara Cross-Platform?

Epic Games mengatakan bahwa Fornite: Battle Royale dapat dimainkan secara bersandingan dengan mereka yang bermain di PlayStation 4, PC, Mac, iOS, dan tentu saja nantinya termasuk mereka yang bermain di Android. Sayangnya, jika kamu mempunyai teman yang bermain di konsol Xbox One, maka mereka belum termasuk atau didukung oleh cross-platform. Mungkin untuk ke depannya, Epic Games akan menambahkan dukungan cross-platform untuk konsol ini, tetapi untuk sekarang, sayang sekali, kamu harus terus menunggu sampai ada pengumuman lebih lanjut.

Apakah Game Ini Mendapatkan Dukungan Kontroller?

Jika kamu ingin menggunakan kontroller untuk bermain Fornite: Battle Royale di iOS, maka bersiaplah untuk disandingkan dengan mereka yang bermain di konsol dan PC. Terdengar cukup tidak adil memang, tetapi hal ini mungkin sengaja digunakan oleh Epic Games untuk tetap membuat permainan menjadi seimbang. Mereka yang bermain menggunakan tombol layar sentuh akan menjadi kurang beruntung karena lawannya menggunakan kontroller yang bisa dibilang lebih leluasa untuk bergerak secara bebas. Selain itu, kontroller meminimalisasi kesalahan yang dibuat oleh pemain saat bermain game. Maka mungkin sampai pada saat Epic Games bisa menyeimbangkan game ini, saya pikir lebih baik bermain dengan menggunakan tombol layar sentuh saja.


Niantic Siapkan Games ‘Harry Potter: Wizards Unite’ dengan Teknologi AR

harry-potter-wizards-unite
Click to comment
To Top