Opinion

Mengenal Istilah “Green Peel” dan BNOB Saat Membeli iPhone Baru


Halo admin, saya sering menemukan istilah Green Peel saat ingin membeli iPhone baru di beberapa toko online. Itu maksudnya apa ya?

Beberapa pertanyaan serupa sering mampir ke akun Twitter @MakeMac dari para Sahabat MakeMac. Apa itu “Green Peel”? Apa bedanya dengan istilah lain dan iPhone apa saja yang menggunakan istilah “Green Peel”? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini ya:

Apa Itu Green Peel?

Setiap produk iPhone dikemas dengan plastik tipis di bagian luar sebagai tanda bahwa produk ini belum dibuka atau masih resmi tersegel dari Apple. Namun semenjak generasi iPhone 7 hingga sekarang iPhone X, Apple membuat desain plastik tipis di bagian luar yang berbeda.

 Unboxing iPhone 7, Image by DetroitBORG2
Unboxing iPhone 7, Image by DetroitBORG

Yaitu sebuah “lidah” plastik atau bagian tambahan untuk menarik plastik tersebut agar lebih mudah dibuka. Lidah ini menggunakan tanda panah dengan detail warna hijau yang biasa diberi istilah “Green Peel”. Dengan desain baru ini, pengguna iPhone baru tidak perlu kerepotan saat membuka plastik luarnya. Alias tidak perlu menggunakan benda tajam seperti pisau, gunting dan benda lainnya.


Baca Juga:


Kenapa Ada iPhone yang Tidak “Green Peel”

Sesuai penjelasan saya di awal, hanya iPhone 7 atau generasi yang lebih baru saja yang menggunakan desain “Green Peel” pada plastik bagian luarnya. Jadi jika kamu membeli iPhone 5 beberapa tahun lalu, pastinya segel dengan jenis tersebut belum digunakan oleh Apple.


Bagaimana dengan iPhone 7 atau yang lebih baru namun tidak menggunakan kemasan plastik luar “Green Peel”? Itu artinya sudah ada orang sebelum kamu yang membuka plastik tersebut dan mungkin mengemasnya ulang dengan plastik tipis biasa.

Istilah untuk produk semacam ini biasa diberi nama BNOB (Brand New Open Box). Yaitu produk baru yang sudah dibuka atau dilepaskan kemasan “Green Peel”-nya lalu diplastik ulang. Ada berbagi kemungkinan yang bisa menjadi latar belakang dari produk tersebut dijual dengan status BNOB. Misalkan kamu sedang jalan-jalan ke luar negeri dan membeli iPhone lalu setiba di Indonesia, memutuskan untuk menjualnya. Dengan syarat produk tersebut belum kamu gunakan ya, hanya dibeli dan dibuka saja.

Dimana Tempat Membeli iPhone dengan Status “Green Peel”?


Tempat terbaik untuk membeli iPhone baru yang berstatus kemasan segel “Green Peel” tentu saja di Apple Store, Apple Online Store atau Apple Authorized Reseller yang ada di sekitar kamu. Tempat lain yang juga bisa kamu jadikan tujuan untuk membeli iPhone dengan status “Green Peel” adalah beragam operator selular yang bekerjasama untuk menjual iPhone atau pusat selular lainnya.

Jika memang kamu memutuskan untuk membeli di tempat lain (layanan ecommerce, toko gadget biasa) dan mendapatkan status BNOB, pastikan untuk mengecek garansi dari perangkat tersebut ya. Apakah sudah berjalan atau belum berjalan alias belum diaktivasi meskipun segel “Green Peel” sudah tidak ada.


Cara Mengecek Garansi Produk Apple (iPhone, iPad, Mac, Apple TV dan Apple Watch)


Click to comment
To Top