News

Mengenang Steve Jobs dan Peluncuran iPad Generasi Pertama di Tahun 2010

Tanggal 27 Januari 2010 adalah momen kelahiran iPad, tablet komputer dari Apple yang dikenalkan oleh Steve Jobs, di gedung Yerba Buena Center, California, Amerika Serikat. Setelah 8 tahun hadir dan penuh dengan beragam inovasi, ada beberapa cerita manis dan inspiratif yang masih tersimpan oleh para tim pengembang iPad.

Salah satunya berasal dari Bethany Bongiorno, mantan Software Engineering, iOS dan macOS Programt Managenet di Apple yang turut dalam tim tersebut. Dia membagikan beberapa detail rahasia dari persiapan perangkat iPad yang dilakukan oleh Apple, khususnya seputar detail yang dilakukan Steve Jobs. Berikut ini catatannya:

1. Steve Jobs Memastikan Tempat Duduk dengan Detail

 Photo by. timenerdworld1
Photo by. timenerdworld

Dalam acara tersebut, Steve Jobs mengenalkan iPad sambil duduk di kursi santai dan membawa tablet komputer ini di pangkuan. Ternyata kursi yang ada di acara tersebut dipilih langsung oleh Steve Jobs. Ada banyak sekali kursi yang dicoba untuk diletakkan di atas panggung.

Beragam penilaian dilakukan mulai dari ukuran, warna, tempat duduk yang pas dan juga penerangan dari lampu panggung ke kursi tersebut. Semuanya dibuat sangat detail dan teliti demi memberikan kesan terbaik pada peluncuran iPad generasi pertama.

2. Mengundang Pengembang Pihak Ketiga

 Photo by. stratechery2
Photo by. stratechery

Karena iPad adalah produk tablet pertama yang akan menggunakan iOS, Apple perlu mengundang para pengembang pihak ketiga untuk membuat aplikasi mereka. Sebelum produk tersebut rilis di 27 Januari 2010, Apple mengundang sejumlah pengembang ke kantornya dan berjanji hanya akan memerlukan waktu beberapa hari.

Namun ternyata yang terjadi adalah hal lain. Apple meminta para pengembang tadi untuk tetap berada di tempat khusus selama sepekan dan mencoba membuat aplikasi mereka di iPad. Karena kekurangan baju dan makanan, Bethany Bongiorno dan timnya harus mendampingi para pengembang tersebut untuk berbelanja pakaian dan kebutuhan lainnya.

3. Aturan yang Ketat

Apple memberikan aturan yang ketat untuk para pengembang pihak ketiga yang “disekap” selama sepekan tadi. Bethany Bongiorno dan timnya harus bekerja dalam waktu shift untuk mengawasi mereka semua. Bahkan di akhir pekan juga tidak ada libur untuk menjamin acara di awal tahun tersebut bisa sukses.

Sedangkan di sisi pengembang pihak ketiga yang diundang, mereka mendapatkan banyak batasan untuk mencegah informasi rahasia tersebut bocor kepada publik. Mulai dari tidak boleh menggunakan ponsel di dalam ruangan kerja, menggunakan koneksi Wi-Fi dan mengunci iPad di tempat rahasia.

4. Steve Jobs dan Tombol Orange di Sony Remote

Bethany Bongiorno menjelaskan pada suatu waktu Steve Jobs ingin mengganti warna dari sebuah elemen UIKit menjadi orange. Tidak sekedar orange biasa, namun warna orange dari remote Sony. Tim dari Bethany Bongiorno mencari sebanyak mungkin remote Sony yang bisa ditemukan dan mencoba untuk mencocokkan warna tersebut. Namun pada akhirnya, Steve Jobs merasa warna tersebut tidak cocok.

5. Homescreen di iPad

Sudah pernah menggunakan iPhone OS 1 atau perangkat iPhone 2G? Bagi kamu yang belum pernah, tidak ada wallpaper Homescreen di perangkat tersebut ya. Apple ingin mengubah hal ini di iPad dengan cara memberikan Homescreen Wallpaper.

Hal tersebut memaksa tim insinyur di iPad untuk mengerjakan perintah Steve Jobs, sepekan sebelum libur Natal di tahun 2009. Akhirnya permintaan tersebut bisa diselesaikan dan fitur yang sama tersedia untuk perangkat iPhone pada iOS 4.


Baca Juga:


6. Angry Birds di iPad

Games Angry Birds pertama kali rilis pada akhir tahun 2009 dan sangat booming. Sejumlah tim yang mengerjakan iPad tersebut merasa bahwa games ini sangat cocok untuk digunakan ketika merilis iPad. Namun sisanya tidak sependapat dan akhirnya tidak ada games Angry Birds ketika peluncuran iPad.

7. Detail Scroll di Safari dan Mail

Steve Jobs merasa bahwa detail scroll views di Safari dan Mail untuk iPad masih belum sempurna. Beliau ingin membuat semuanya tampak dengan detail terbaik, bahkan untuk beberapa bagian yang mungkin tidak kamu sadari. Akhirnya hal ini memaksa tim pengembang iPad untuk membawa detail tampilan Dashboard Linen Texture dari macOS ke perangkat iPad.

8. Menuai Banyak Pujian

 Photo by. independent4
Photo by. independent

Ketika Steve Jobs mengangkat iPad pertama kali di acara tersebut, sejumlah jurnalis berteriak dan bersuka cita! Mereka menganggap iPad adalah perangkat paling indah yang dibuat oleh Apple. Bethany Bongiorno merasa sangat terharu dan menyimpan kenangan manis tersebut selama 8 tahun, bersama dengan ID Card yang dia gunakan dalam foto berikut ini.

Masa Depan iPad?

Perangkat iPad sudah masuk tahun ke–8 dan terus menghadirkan banyak inovasi terbaik. Mulai dari dukungan Apple Pencil, Smart Connector dan 4 speaker di iPad Pro. Untuk ukurannya, iPad kini tersedia dari ukuran Mini (7.9 inci), normal (9.7 inci) dan besar (10.5 inci dan 12.9) inci.

Masing-masing punya perbedaan, kelebihan dan kekurangan yang dibuat sesuai dengan kebutuhan para pengguna. Sedang bingung memilih iPad untuk kamu beli di tahun 2018? Simak tips dari MakeMac di artikel berikut ini ya!


Membeli iPad di Tahun 2018: Pilih iPad Pro, iPad 9.7 atau iPad Mini 4?


Click to comment
To Top