News

Hati-Hati Saat Menyimpan Apple ID dan Password!

Apple ID dan password adalah 2 keamanan paling utama yang harus dijaga oleh pengguna perangkat Apple. Ya, saya katakan keduanya bukan hanya password saja. Beberapa hari lalu ada salah satu Sahabat MakeMac yang mengalami kejadian kurang menyenangkan dengan masalah akses Apple ID dan Password. Artikel ini saya tulis berdasarkan cerita yang diberikan kepada MakeMac dan sudah mendapatkan ijin untuk dibagikan dalam bentuk artikel tanpa menuliskan nara sumber untuk alasan privasi.

Terkena “Jebakan” Lost Mode

Perangkat iOS yang dia gunakan secara mendadak masuk dalam mode Lost Mode dan tidak dapat digunakan. Dalam tampilan Lost Mode tersebut, ada pesan yang menjelaskan bahwa perangkat terkunci dan pengguna harus menghubungi sebuah alamat email yang dibuat seolah-olah mirip email milik Apple. Jelas saja ini salah satu contoh ancaman dari tindakan phishing yang kerap terjadi untuk akun digital. Satu hal yang membuat saya dan Sahabat MakeMac ini heran adalah Apple ID tersebut sudah terpasang keamanan 2 Factor Authentication sejak beberapa bulan lalu.

Bagaimana bisa orang lain melakukan Lost Mode untuk perangkat iOS yang kamu gunakan? Bahkan keamanan 2FA (2 Factor Authentication) yang aktif dalam Apple ID juga tidak dapat memberikan pencegahan. Ternyata hal ini bukan sebuah celah yang rumit. Siapa saja yang memiliki akses Apple ID dan password kamu, bisa mengunci perangkat iOS – masuk ke Lost Mode. Informasi ini saya dapatkan dari laman Apple Discussion dan dapat dilakukan secara mudah.

Dari keterangan di laman tersebut, siapa saja yang memiliki data Apple ID dan password kamu, bisa login di iCloud.com dan berhenti di halaman untuk memasukkan 6 digit kode 2FA sebelum masuk ke detail akun. Namun tidak sekedar berhenti, di bagian bawah tampilan tersebut ada tombol Find My iPhone yang dapat diakses dan mencari semua perangkat iOS atau komputer Mac yang mengaktifkan fitur Find My iPhone pada akun tersebut. Dari bagian ini tidak ada kesulitan sama sekali untuk masuk ke pengaturan salah satu perangkat iOS dan mengaktifkan Lost Mode.


Baca Juga:


Selalu Waspada!

Mungkin penjelasan di atas terdengar sangat menyeramkan. Namun Sahabat MakeMac yang mengalami kendala ini masih bisa login ke akun Apple ID dan melakukan verifikasi 2FA yang dikirimkan oleh Apple ke perangkat iOS kedua yang digunakannya. Dia berhasil masuk ke pengaturan Find My iPhone lalu mematikan Lost Mode. Setelah itu password yang digunakan secepatnya diganti, termasuk Security Question sebagai opsi tambahan untuk meningkatkan keamanan.

Pencuri akun tersebut memang tidak bisa mengakses atau merubah data apapun di Apple ID kamu karena lapisan keamanan tambahan dari 2FA. Namun menurut saya, hal paling menakutkan sebetulnya adalah pesan yang tampil di Lost Mode. Bisa saja pihak jahat ini memberikan teror, ancaman dengan hal yang berhubungan dengan privasi atau mungkin meminta tebusan berupa uang. Apalagi jika kamu tidak punya akses ke komputer atau perangkat lain untuk segera mengganti password Apple ID yang dimiliki, bisa saja masalah yang terjadi akan semakin bertambah.

Tips Menyimpan Apple ID dan Password Secara Aman

Belajar dari pengalaman di atas, ada beberapa tips yang dapat kamu lakukan untuk menjaga keamanan Apple ID dan password. Berikut ini daftarnya:

  • Selalu waspada dengan kejahatan phishing Apple ID.
  • Jangan pernah menggunakan password yang sama untuk akun email serta Apple ID atau mungkin layanan digital lainnya. Gunakan password yang berbeda untuk setiap akun digital yang kamu miliki untuk mencegah peretasan keamanan secara masif.
  • Jangan pernah meminjakan Apple ID untuk perangkat iOS milik orang lain. Apple sudah membuat fitur Family Sharing untuk akses Apple ID dalam format keluarga. Menyewa atau menggunakan jasa “pinjam” Apple ID juga sama sekali tidak disarankan.
  • Login dengan Apple ID di komputer yang kamu percaya, hindari untuk masuk ke Apple ID di komputer umum seperti perpustakaan atau mungkin meminjam komputer teman kecuali dalam kondisi darurat. Pastikan juga untuk menghapus cache browser setelah selesai menggunakannya untuk login Apple ID atau gunakan Private Browsing.
  • Hindari akses website dan forum penyedia konten ilegal (film bajakan, musik bajakan) yang rentan dengan malware. Apalagi website atau forum tersebut menggunakan fitur login dengan alamat email dan hal berbau privasi lainnya yang bisa saja mengundang hal berbahaya untuk akun Apple ID.
  • Simpan semua data penting seputar Apple ID di aplikasi password manager seperti 1Password atau LastPass. Pastikan juga kamu menyimpan Security Question dengan aman dan mudah diakses saat dibutuhkan.
  • Jika terjadi masalah dengan akun yang kamu gunakan, segera kontak Apple Support lewat laman Apple Online Support atau akun Twitter @AppleSupport

Apakah kamu punya pengalaman serupa mengenai perangkat iOS atau komputer Mac yang tiba-tiba terkunci? Bagaimana cara kamu mengatasi masalah tersebut? Bagikan di kolom komentar ya!


Pengalaman Kecurian iPhone + Terkena Phishing Apple ID

Gambar


2 Comments

2 Comments

  1. Adrian vallent

    5 August 2017 at 10:07

    Iphone saya terkunci

  2. bingung

    11 August 2017 at 15:17

    apakah iOS bisa kena semacam Ransomware juga ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top