News

MFi Program Mendukung Port USB-C dan Lightning to Jack Audio 3.5mm


Apple kabarnya sedang mempersiakan aturan baru untuk MFi program di tahun 2018. Dua catatan paling menarik adalah dukungan port USB-C dan aksesoris dalam bentuk baru yaitu Lightning to Jack Audio 3.5mm (male adapter).

Accessory makers in Apple’s Made-for-iPhone/iPad/iPod (MFi) licensing program now have the ability to create new types of products as the company adds specs for a Lightning to 3.5mm output cable and USB-C ports.

Kita bahas dari port USB-C ya. Dari penjelasan yang tim MakeMac dapatkan, lisensi MFi untuk aksesoris dengan port USB-C bisa dibilang baru pertama kali ini dibuka oleh Apple. Sebelumnya hanya ada kabel USB-C (untuk charging MacBok dan MacBook Pro, tersedia dalam paket penjualannya) dan USB-C to Lightning, semuanya dibuat langsung oleh Apple. Namun kini para pengembang aksesoris dapat mulai membuat aksesoris berupa dengan port USB-C yang menggunakan standar dari Apple dalam MFi Program.

Detail aturan yang untuk aksesoris yang ingin mendaftar di MFI Program dengan USB-C ternyata cukup spesifik. Salah satu aturannya adalah tidak boleh membuat aksesoris dengan konektor atau port USB-C yang bisa mengisi baterai atau sinkronisasi perangkat iOS. Jadi sepertinya MFi Program untuk aksesoris dengan USB-C lebih ditujukan untuk aksesoris seperti power bank yang bisa diisi dengan kabel USB-C dari bawaan MacBook Pro, speaker dan beberapa jenis barang lainnya.


Baca Juga:


Aksesoris Baru


Masih dari catatan yang sama, Apple juga memberikan detail aksesoris baru yang dapat dibuat layanan pihak ketiga. Yaitu Lightning to Jack Audio 3.5mm (male adapter). Sebelumnya aksesoris serupa adalah Lightning to Jack Audio (female adapter) di paket penjualan perangkat iPhone 7 atau lebih baru. Kamu harus membeli Jack Audio male-to-male untuk membalik fungsinya dan menghubungkan iPhone 7 ke speaker eksternal misalnya. Nantinya jika sudah ada kabel tersebut, rangkaian aksesoris yang kamu perlukan akan semakin ringkas.

Mundur pada berita yang sudah tim MakeMac bagikan, MFi Program akan segera mendapatkan logo baru yang lebih minimalis. Mulai dari hilangnya ikon iPod, iPhone, iPad dan digantikan dengan sebuah logo Apple. Serta desain font baru dan urutan perangkat iOS yang dimulai dari iPhone.


Apple Siap Ganti Logo MFi Program dengan Desain Baru

[source site_name = “9to5mac” site_url = “https://9to5mac.com/2018/03/12/apple-lightning-3-5-mm-audio-out-cable-usb-c-mfi-specs/”][/source]


Click to comment
To Top