News

Newton Mail Segera Dihentikan Mulai 25 September 2018

Newton Mail, aplikasi akses email untuk pengguna perangkat iOS dan macOS yang selalu saya gunakan, akan segera berhenti beroperasi. Rohit Nadhani selaku CEO Newton menjelaskan bahwa layanan ini akan tutup mulai 25 September 2018. Tim Newton juga sudah menutup akses untuk pendaftaran akun baru dan pembayaran langganan bulanan mulai saat ini. Sedangkan biaya berlangganan tahunan yang sudah kamu bayarkan, akan segera dikembalikan secara pro-rata.

CEO Newton juga menjelaskan bahwa mereka mengalami cukup banyak rintangan untuk memperoleh pendapatan dan menjalankan Newton, tanpa mendapatkan pendapaan dari pihak luar. Padahal di masa awal rilis, Newton yang awalnya bernama CloudMagic pernah mencapai angka 4 juta unduhan di App Store dan mendapatkan banyak apresiasi dari para penggunanya.

It was a tough business decision. We explored various business models but couldn’t successfully figure out profitability & growth over the long term. It was hard; the market for premium consumer mail apps is not big enough, and it faces stiff competition from high quality free apps from Google, Microsoft, and Apple.


Baca Juga:


Namun mereka akhirnya memutuskan untuk membuat sistem berlangganan di tahun 2016 dengan nama Newton. Sistem ini menghasilkan 40 ribu pelanggan yang sangat loyal dan membantu Newton untuk terus berkembang. Terbukti banyak fitur menarik yang dihadirkan oleh mereka seperti mendukung akun Exchange, AI, Recap, Newton Calendar, dan beberapa hal lainnya.

Persaingan di aplikasi email dan produktivitas kerja memang cukup ketat untuk para pengembang aplikasi. Mengingat banyak layanan serupa yang bisa saja kamu gunakan secara gratis misal dari Google, Apple, atau perusahaan lainnya. Ditambah lagi layanan email dengan domain pribadi yang juga harus mengeluarkan biaya tahunan, pasti banyak orang yang berpikir lebih untuk membayar biaya tambahan seperti akses Newton.

Tim MakeMac termasuk salah satu pengguna Newton, bahkan sejak dalam versi Beta. Tampilan yang ringkas, fitur lengkap dan sync atau perangkat berbasi cloud adalah beberapa kemudahan dan fitur terbaiknya. Selamat jalan Newton, terima kasih.

Apakah ada Sahabat MakeMac yang juga termasuk pengguna Newton Mail? Bagikan pendapat kamu untuk kabar sedih ini ya.


Cara Ganti Email yang Terhubung ke Apple ID

Source :

newton


Click to comment
To Top