Games

Nintendo Menyeret Dua Situs Penyedia ROM Atas Pelanggaran Hak Cipta

Tidak ada yang diuntungkan pada saat seseorang mencoba untuk menggunakan aplikasi bajakan. Tentu saja, kecuali orang yang menjualnya sendiri untuk kepentingan pribadi. Hal ini dialami oleh Nintendo yang baru-baru ini dikabarkan menyeret dua situs emulator atas tuduhan kompetisi yang tidak adil dan atas pelanggaran hak cipta.

Seperti telah diberitakan oleh TorrentFreak, Nintendo telah mengirim gugatan kepada pengadilan yang berbasis di Arizona atas pelanggaran yang dilakukan oleh LoveROMS.com dan LoveRetro.co, dua situs yang diduga berasal dari lokasi yang sama yaitu Arizona.

Baca Juga:


Sejak diisinya pengajuan gugatan tersebut, Nintendo juga mengatakan bahwa dua situs tersebut harus membayarkan uang sebesar $100 juta dolar atas kerugian yang diderita oleh Nintendo akibat keduanya. Sejak adanya kejadian ini, kedua situs tersebut pun dikabarkan telah mati. Belum ada kejelasan mengenai apakah keduanya akan terus berlanjut atau tidak. Tetapi mengingat bahwa salah satu kondisi yang diminta oleh Nintendo adalah bahwa keduanya harus menyerahkan dua situs tersebut ke Nintendo, sayangnya saya harus katakan bahwa ini adalah akhir dari kedua situs tersebut.

Kita di MakeMac tidak pernah setuju dengan adanya pembajakan aplikasi maupun games. Namun ada beberapa argumen yang bisa diangkat dari kasus ini. Salah satunya adalah kesempatan untuk bermain game yang bisa dikatakan sudah hampir punah. Beberapa pecinta game jadul pasti tau kondisinya dimana kamu sedang ingin bernostalgia dengan memainkan game lama namun tidak bisa karena konsol yang telah rusak dan tidak ada yang menjualnya lagi, ataupun karena harga dari kasetnya yang sudah tidak masuk akal lagi.

Kedua situs ROM tersebut menyediakan file sebagai ganti kaset tersebut. Dan dengan begitu, memberikan kesempatan bagi kamu untuk memainkan game jadul itu lagi.

Tapi itupun hanya merupakan opini saja. Pemilik dari kedua situs itupun sudah menyerah dan mengakui kekalahannya dengan menyerahkan kedua situsnya kepada Nintendo. Jadi mungkin hilang sudah kesempatanmu untuk mencoba game jadul milik Nintendo lagi, terutama bagi kamu yang sudah tidak memiliki konsol dan kaset game tersebut.

Bagaimana tanggapanmu mengenai kasus ini? Mana pihak yang benar? Atau perlukah Nintendo bertindak demikian? Tulis komentarmu dibawah ya!


9 Game Dengan Karakter Utama Makanan Yang Lucu Dan Menggemaskan

https://www.makemac.com/wp-content/uploads/2018/06/baconescape-top.jpg

[source site_name = “TorrentFreak” site_url = “https://torrentfreak.com/nintendo-sues-console-rom-sites-for-mass-copyright-infringement-180720/”][/source]


Click to comment
To Top