How-To

OLEDX, Gantikan Jam di Lockscreen iPhone X


Perangkat iPhone X adalah satu-satunya iPhone yang menggunakan layar OLED. Teknologi ini menghasilkan warna layar lebih cerah dan tajam, namun diklaim sangat hemat daya pada tampilan pixel warna hitam. Hal ini menjadi ide unik yang digunakan Ronan Stark membuat OLEDX yang bisa menggantikan Lockscreen di iPhone X tentunya dengan cara tidak biasa.

Simak review OLEDX dan cara unik untuk menggunakan aplikasi ini ya!

Mengenal OLEDX

Sesuai keterangan di laman OLEDX, aplikasi ini sebetulnya hanya berupa informasi jam dan detail gambar tambahan yang dapat kamu pilih. Kamu bisa menggunakan OLEDX semacam screensaver di komputer untuk terus menampilkan jam dan gambar dalam warna putih minimalis.

Bagian terbaik dari OLEDX adalah penggunaan pixel warna hitam yang sesuai dengan teknologi OLED. Sehingga sebagian besar tampilannya akan membuat penggunaan baterai tetap hemat, meskipun aplikasi tampil secara terus-menerus hingga waktu yang lama. Dalam catatannya, Ronan Stark mengklaim bahwa OLEDX hanya menggerakkan 2 pixel setiap menitnya, kebayang donk seberapa hemat baterai yang akan dipakai?

Pengaturan OLEDX


Silakan unduh OLEDX di App Store dan buka aplikasinya. Setelah itu masuk ke pengaturannya untuk beberapa hal seputar tampilan yang bisa kamu ubah. Mulai dari penggunaan Proximity Sensor, Analog Clock, warna, Faces, catatan personal dan beberapa hal lainnya. Sebagai catatan, fitur yang lebih lengkap dapat kamu peroleh jika membayar OLEDX dalam mode in-app purchase ya.

Selesai dengan pengaturan, kamu bisa menekan tombol Back untuk kembali ke tampilan utama OLEDX. Sekarang kita akan bahas bagaimana cara menggunakan OLEDX sebagai pengganti Lockscreen ya!


Baca Juga:


Menggunakan OLEDX + Guided Access

Apple punya fitur Guided Access untuk membantu kamu fokus pada sebuah aplikasi dalam batasan waktu yang digunakan atau lewat keamanan Passcode Lock. Biasanya fitur ini saya gunakan untuk membatasi penggunaan gadget pada anak atau beberapa kegiatan lainnya. Namun kamu juga dapat memadukan Guided Access di iPhone X dengan OLEDX.

Berikut ini panduan untuk menggunakan OLEDX dan Guided Access:


  1. Lakukan pengaturan untuk OLEDX sesuai kebutuhan.
  2. Masuk ke Settings – General – Accessibility – Guided Access – ON.
  3. Masuk ke bagian Passcode Settings dan gunakan kode kunci yang akan kamu gunakan. Aktifkan juga pengaturan Face ID.
  4. Kembali ke halaman sebelumnya, aktifkan Accessibility Shortcut yaitu cara cepat mengaktifkan Guidedd Access dengan cara 3x klik Side Button.

Selesai, sekarang masuk ke tampilan utama OLEDX lalu tekan Side Button 3x. Lakukan pengaturan yang kamu perlukan seperti batasan layar yang tidak dapat disentuh atau beberapa hal lainnya. Terakhir tinggal tekan Resume atau kembali ke tampilan utama OLEDX. Sekarang layar kamu akan selalu aktif (tidak padam) dan menampilkan gambar dari OLED X. Untuk kembali ke mode normal, silakan tekan Side Button 3x dan arahkan kamera depan ke wajah sebagai cara cepat membuka kuncian Face ID.

Selamat mencoba OLEDX ya, segera unduh dari tautan di bawah ini.

[appstore id=”1312667557″ country=”US” style=”custombox2″]

Mengenal Istilah “Green Peel” dan BNOB Saat Membeli iPhone Baru


Click to comment
To Top